Tanpa judul


Madrasah Di Kab Kubu Raya Banyak Yang Lakukan Inovasi Madrasah


Kubu Raya (wartamerdeka.info) - Sejumlah madrasah di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, diam-diam ternyata mulai banyak yang sudah melakukan inovasi. 

"Hanya saja mereka tidak sadar kalau yang mereka lakukan itu merupakan inovasi Madrasah. Ini dalam Kurikulum kita kenal yang namanya Hidden Curriculum yang artinya Kurikulum yang tidak tertulis atau Kurikulum yang tersembunyi," ungkap Tugino SPdI, Pengawas Madrasah Kemenag Kabupaten Kubu Raya, pada acara kegiatan Monitoring Inovasi Madrasah di MIS Imaduddin Sungai Raya, Kalimantan Barat, Jumat (2 September 2022).

Inovasi tersebut, tambahnya, di antaranya adalah PBLHS yaitu Peduli dan Berbudaya pada Lingkungan Hidup Sekolah yang merupakan upaya pengelola Madrasah untuk membentuk karakter peserta didik.

Kegiatan dimaksud antara lain:

1. Kegiatan senam pagi yang dilaksanakan pada hari Sabtu setiap bulan pada pekan keempat.

2. Kegiatan Jumat Bersih yang dilaksanakan setiap pagi Jumat, berupa gotong royong membersihkan lingkungan Madrasah.

3. Menjadwalkan murid piket kebersihan kelas dan toilet yang dijadwalkan secara bergiliran.

4. Kantin Madrasah sehat dengan menyediakan makanan tradisional dan tidak menyediakan makanan instan.

5. Gerakan Infaq Jumat yang dilaksanakan setiap hari Jum'at dengan menyisihkan uang jajan secara suka rela yang digunakan untuk membantu bagi murid yang tidak mampu.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk membentuk peserta didik yang berkarakter memiliki akhlak mulia," ujarnya.

Disamping itu, imbuhnya,  dalam meningkatkan inovasi Madrasah perlu kiranya para dewan guru untuk membentuk arisan ide, hal ini merujuk pada pendapat Drs. Dadang Baihaqi seorang Widya Iweara Pusdiklat Kemenag Keagamaan RI. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama