Ciptakan Solar Helmet, Pemuda Asal Kecamatan Sarirejo Sabet Penghargaan Pemuda Pelopor

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat menjadi inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 ,Jumat (28/10), menyerahkan penghargaan kepada 10 pemuda pelopor berprestasi di berbagai bidang. 

Diantaranya pemuda asal Kecamatan Sarirejo yang juga guru di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan, M Ali Alfian berhasil menciptakan inovasi berbasis teknologi berupa helm pengisi daya baterai menggunakan energi surya yang diberi nama “Solar Helmet”. 

Bahkan inovasi tersebut berhasil memiliki Hak Atas kekayaan Intelektual (HAKI) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

“Produk yang saya kembangkan adalah solar helmet. Sebuah terobosan yang inspirasinya saya dapat dari ojok online. Dimana smartphone nya harus aktif saat berkendara, nah ketika butuh charger harus ngetame dulu. Daripada ngecas bolak balik saya membuat terobosan helm ini. Karena di helm ini sudah ada panel suryanya. Selain memberi perlindungan di bagian kepala helm ini juga menyerap cahaya sinar matahari,” jelas Alfian.

Tak hanya helm untuk kendaraan bermotor, Alfian melalui PT Solar Inovasi Persada juga menciptakan helm untuk sepeda yang juga bermanfaat untuk para bikers. Meski belum diproduksi secara masal, namun solar helmet sudah dapat dipesan melalui website resminya di http://solarhelmet.id

Sementara, Juara 1 Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Alvina Zulfa Ulinuha dengan usahanya menggerakkan dan mempelopori seni membatik menggunakan canting.

Melalui pelestarian budaya mencanting ini, Alvina ingin terus melebarkan sayapnya sehingga bisa menularkan ilmu mencanting kepada pemuda Lamongan lainnya.

“Saya ingin terus mengembangkan warisan kebudayaan Indonesia salah satunya dengan membatik apalagi masih menggunakan proses manual dengan mencanting. Karena kebanyakan sekarang jarang dengan proses mencanting. Jadi selain memiliki kesempatan belajar sekaligus mengasah kemampuannya” tutur Alvina.

Delapan pemuda pelopor lainnya juga mendapatkan penghargaan bergengsi dari Bupati Lamongan, yakni Feri Irawan dan Gunawan pemuda pelopor bidang Pendidikan, Moh. Rizal Arifin dan Muhammad Khafid Miftakhul Rozaq pemuda pelopor bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata.

Selanjutnya Eka Puspita Sari Maaidah dan malik Firman Yudha pemuda pelopor bidang pangan, dan pemuda pelopor bidang inovasi teknologi Niko Anggerhanes serta Siti Aminatuz Zuhriyah pemuda pelopor bidang agama, sosial dan budaya.

Melihat prestasi para pemuda Lamongan, Bupati mengajak generasi muda Lamongan terus mengembangkan diri menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter mulia agar generasi Lamongan dapat mencapai prestasi tinggi.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan hari sumpah pemuda yang ke-94 ini untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa,” pungkasnya. (Mas)

Posting Komentar untuk "Ciptakan Solar Helmet, Pemuda Asal Kecamatan Sarirejo Sabet Penghargaan Pemuda Pelopor"