Grebek Maulid Nabi Muhammad SAW Di Bumi Aji Batu Berlangsung Meriah Namun Khidmat

BATU (warterdeka.info) - Perayaan Maulid Nabi yang digelar  di Dusun Sabrangbendo, Desa Giriporno, Kec. Bumi Aji, Kota Batu, Sabtu (08/10/2022) berlangsung meriah namun khidmat.

Kegiatan yang dikenal dengan Grebek Maulid Tumpeng Agung ini merupakan tradisi tahunan warga setempat untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara dimulai dengan  do’a bersama, dilanjutkan arak-arakan gunungan tumpeng dan  bendera Sang Saka Merah Putih sepanjang 70 meter.

Gunungan tumpeng ini berisi hasil bumi warga setempat.

Hasil bumi yang dibentuk menyerupai sebuah gunung itu terdiri dari buah dan sayur mayur.  Ada apel, sawi hijau, selada, timun, tomat, nangka, buncis, jagung, pisang dan lainnya.

Kepala Desa Giripurno Suntoro mengatakan, leringatan ini sekaligus diselenggarakan sebagai wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT .  

"Kita berkumpul untuk bersama - sama melakukan tahlil, istighotsah dan pengajian untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah," ujarnya

Acara ini juga dimeriahkan oleh perguruan pencak Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) cabang Batu sebagai pembawa bendera merah putih.

Ketua PSHT Batu Drs Suyono dan tuan rumah Bagong menuturkan bahwa  PSHT adalah olahraga beladiri warisan leluhur Jawa dan berharap berkembang pesat di pulau Jawa.

Adapun salah satu penggagas acara ini yaitu  B Robyan menuturkan bahwa acara ini diadakan agar seluruh warga Giripurno diberi keberkahan dan keselamatan.

"Agar warga hidup makmur dan tidak kesulitan sandang dan pangan," ujarnya.

Peringatan ini juga digelar dalam rangka meningkatkan budaya yang ada di Giripurno. Dia berharap para paguyuban budaya Jawa untuk selalu menggalang persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa dan negara.

Kegiatan ini juga menandakan bahwa rasa persaudaraan dan upaya menjaga negara tetap utuh dijunjung tinggi di wilayah sekitar. 

Acara inipun berlangsung meriah dengan hadirnya  Kapolsek Suyanto dan juga ketua BNN Dwi serta warga yang memadati acara tersebut. (Hari) 

Posting Komentar untuk "Grebek Maulid Nabi Muhammad SAW Di Bumi Aji Batu Berlangsung Meriah Namun Khidmat"