Kapolda Metro Jaya Resmikan Gedung K-9 Unit Satwa Polda Metro Jaya Di Petamburan

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si meresmikan Gedung K-9 Unit Satwa Polda Metro Jaya.

Dalam acara peresmian Gedung K-9 Unit Satwa turut hadir Wakapolda Metro Jaya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Pangdam Jaya, Wakajati, Ketua Pengadilan DKI Jakarta, Walikota Jakarta Barat, PJU Polda Metro Jaya, Kapolres Jakarta Barat. Senin (31/10/2022).

Dalam sambutannya Kapolda menyampaikan saya tidak ingin acara ini dimaknai hanya sekedar “peresmian”, momentum hari ini adalah sebuah awalan, awal kita berdiskusi, awal kita berubah, momentum ini adalah momentum yang inclusive dan terbuka.

"Saya ingin fasilitas ini tidak hanya menjadi sekedar fasilitas, K9 harus menjadi Lab Hidup yang tumbuh, menjadi sebuah ekosistem yang berguna untuk lingkungan sekitar,"  ungkap Irjen Fadil.

K9 harus dapat menjadi rumah untuk satwa K9 dan juga rumah bagi masyarakat umum khususnya pecinta, pemerhati bahkan perlindungan satwa, inilah yang dimaksud dengan pelayanan.

"Oleh karena itu pada sore ini kami undang, perwakilan dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB, Komunitas pecinta hewan, Perhimpunan Dokter, Industri pendukung bahkan sampai dengan UMKM yang berhubungan," kata Irjen Fadil.

Selain dapat menjadi rumah bagi satwa yang layak, K9 ini dapat dijadikan tempat penelitian, tempat magang mahasiswa, tempat berlatih, tempat diskusi bagi masyarakat

"Saya berharap fasilitas dan ekosistem ini mampu memberikan semangat baru kepada seluruh personel, serta memberikan fasilitas yang mendukung kinerja Satwa K9 agar dapat lebih optimal dalam membantu kinerja kepolisian. Saya ingin jajaran K9 berbangga hati, kalian adalah salah satu anggota-anggota terbaik dan layak diapresiasi," ujarnya.

Tidak selamanya dengan perkembangan teknologi seperti saat ini, mereka akan menggunakan teknologi untuk mengelabui penegak hukum, namun justru terkadang kita luput dengan cara pengungkapan barang bukti secara konvensional.

Personel Polda Metro Jaya harus mampu untuk menggunakan dan terampil dalam melaksanakan teknik maupun taktik Anjing Pelacak untuk memperkuat proses surveilance dan patrol kepolisian seperti di negara-negara maju lainnya (New York Police Department, Tokyo Metropolitan Police Department, London Police Service, dll.).

"Saya berharap kepada seluruh personel K9 Unit Satwa untuk senantiasa meningkatkan kemampuan personel yang melatih kemampuan satwanya, serta memberikan fasilitas kepada satwa yang memadai guna menghadapi berbagai potensi ancaman gangguan. Saya bermimpi, suatu saat nanti, hero (anjing k9) disini dapat menorehkan sejarah yang dikenang, syukur-syukur bisa menjadi film netflix suatu saat nanti," tutup Fadil.

Dalam acara tersebut dipertunjukan juga atraksi K9 dalam menghedus Narkotika dan mengenali pelaku kejahatan,  Kapolda juga sempat memberikan medali kepada K9 selanjutnya peresmian gedung dengan di tandai pemotongan pita. (Tyo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama