Ponpes DDI Mangkoso Gelar Maulid Akbar, Sekda Barru Sampaikan Pesan Leluhur

BARRU (wartamerdeka.info) - Pondok Pesantren DDI Mangkoso menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M yang dipusatkan di kampus II (Putera) Tonronge, Mangkoso, Senin (31/10/2022).

Sekda Barru Dr. Abustan, M. Si yang hadir mewakili Bupati Barru mengapresiasi pelaksanaan Maulid Akbar yamg diinisiasi Ponpes DDI Mangkoso yang menghadirkan pemerintah, Ulama, pengusaha dan perbankan. 

"Alhamdulillah Mangkoso Kab Barru hari ini sesungguhnya  mendapat Rahmat karena acara ini meriah karena selain ulama, hadir pemerintah maupun donatur,juga  perbankan dan swasta serta alumni Di Mangkoso hadir dalam peringatakan maulid Nabi," ujar dia. 

Abustan menuturkan bahwa  pernah  di Mangkoso turun Lailatur Qadri dan secara kasat mata waktu itu, disaksikan oleh Anre Gurutta H.Abdul Rahman Ambo Dalle.

Dirinya menyebutkan bahwa kehadirannya di acara maulid menjadi berkah bagi dirinya baik secara  pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barru. Ini juga tak terlepas dari perintah atau amanah dari Bapak Bupati Barru yang saat ini sedang ada tugas di Jakarta.

Lanjut Sekda, bahwa Barru ini daerah kecil dan berpenduduk kedua tersedikit namun di Sulsel ini   terbesar dalam pengumpulan zakat.

Diakui,  tingginya kepercayaan masyarakat untuk membayar zakat kepada Baznas selama ini selain karena kesadaran masyarakat juga tidak terlepas dari keberhasilan AG Faried Wajdy MA yang memimpin Baznas.

"Di Barru ini total pengumpulan zakat tahun ini 2,3 M. Sebanyak lima persen zakat dari ASN dan memang di kalangan ASN sudah menjadi kewajiban mereka menyetor 2,5 persen setiap tahun, "sebut Mantan Kadis Pendidikan Barru.

Jika ada bencana, Baznas menjadi garda terdepan kemudian Baznas sangat perhatian kepada pendidikan keagamaan.

Kabupaten Barru lanjut Abustan sejalan sesuai visi dan misinya yang Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan dan Bernafaskan Keagamaan.

Visi ini menjadi arah perjalanan pembangunan Kabupaten Barru selama tahun 2020-2025.

Salah satunya mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

Di akhir sambutannya Abustan menyampaikan bila sebuah daerah akan maju maka jangan lupa pappaseng tomatoa (pesan leluhur).

"Manini panritae, malempu pamarentae,malabo to sogie  sibawa maraja sukkuru to kasih-asie. Kalau ini masih selalu berbarengan malewa tu pabanuae," tandasnya. 

Sementara itu Bupati Maros Andi Chaedir Syam menyampaikan terima kasih atas undangan Anre Gurutta.

"Tentu ini sebuah berkah bagi dirinya karena Mangkoso dan Maros tak bisa dilepaskan, Alhamdulillah di Maros itu rata-rata pemangku agama itu dari Alumni DDI Mangkoso," kata Chaedir.

Ketua Panitia  Muhammad Agus menyampaikan terima kasih atas kehadiran dalam acara Maulid Pondok Pesantren DDI Mangkoso di Tonronge.

"Tadi  AG  bersama Pak Sekda serta Wakil Ketua DPRD Sulsel berkeliling menyaksikan perluasan dan pengembangan Kampus II Tonronge.Disana akan dibangun lapangan sepak bola dan wisata religius," jelasnya. 

Turut hadir beberapa pimpinan Ponpes di Sulsel diantaranya,  Dr. H. Lukman Arake, Lc., M.A, A.G. Prof. Dr. H. Abd. Rahim Arsyad, M.A., A.G. Prof.Dr.H.M.Faried Wadjedy, Lc.,M.A, A.G.Drs. H.Lukmanul Hakim, Lc.

Selain itu Anggota DPR RI Komisi V Fraksi PPP, H.Muhammad Aras, Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arif, Bupati Maros Andi Chaidir Safril Syam,Kepala Kantor Kemenag Barru, Kepala SKPD,Kabag Lingkup Pemda Barru, Ficko Hardiwiseto Pimwil BSI Sulsel,Ketua STIA Al Gazali Barru, Presiden Kurir Langit, Sekcam Soppeng dan Lurah Kiru-Kiru

(Humas IKP/Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama