Rayakan Hari Santri, PW RMI-NU DKI Jakarta Bersama Masjid Istiqlal Gelar Jakarta Pesantren Expo (JAPEX) 2022

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dalam rangka merayakan Hari Santri, Pengurus Wilayah Asosiasi Pesantren NU/Rabithah Ma`ahid Islamiyah (PW RMI-NU) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) menggelar Jakarta Pesantren Expo (JAPEX) 2022 dari Jumat s.d Ahad, 28 s.d 30 Oktober 2022 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat dengan berbagai kegiatan lomba, pameran pesantren, pameran produk UMKM dan kuliner, tabligh akbar semiloka, talk show, dan pemutaran film santri.

“Maksud dan tujuan diadakan acara JAPEX 2022 ini adalah untuk menjadi ajang silaturrahim akbar santri dan pesantren se-DKI Jakarta setelah dua tahun sebelumnya sulit dilakukan karena pandemi Covid-19. Selain itu, untuk memperkenalkan profil, kiprah dan keunggulan pesantren di DKI Jakarta, menjadi wahana bagi santri untuk berkompetisi dalam penyaluran minat dan bakat mereka dari lomba-lomba yang diselenggarakan dan sebagai media promosi bagi pesantren, lembaga pendidikan Islam terkait dan pihak-pihak lain yang mengikuti JAPEX 2022,” ujar Ketua PW RMI-NU DKI Jakarta, KH Rakhmad Zailani Kiki, dalam siaran persnya, hari ini.

Sedangkan mengenai kegiatan-kegiatan yang ada di JAPEX 2022, Ketua Panitia, Nyai Aida Maqbulah, mengatakan ada berbagai macam kegiatan lomba yang diadakan selama tiga hari tersebut, yaitu: lomba Hadhrah, lomba tumpeng, lomba mewarnai untuk usia TK dengan batas 8 tahun, lomba gambar untuk tingkat SD, lomba hafalan Al-Qur`an Juz Amma untuk tingkat SD, lomba pidato bahasa Arab tingkat Aliyah/SMA, lomba pidato bahasa Inggris tingkat Tsanawiyah/SMP,  lomba Grup Musik Religi Antar Pesantren, lomba qiraatul qutub, lomba musikalisasi nadzam Aqidatul Awam. Ada pula Islamic  Fashion Show dan Parade Santri Fashion Walk.

“Selain lomba, ada pula talk show dengan tema `Pesantren Ramah Anak, Mashlahat untuk Umat`. Selain itu,  digelar semiloka kerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prodi Magister Perbankan Syariah dengan tema `Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Pesantren RMI-PWNU DKI Jakarta`. Dan juga kegiatan tabligh akbar bersama LDNU DKI Jakarta dan Yayasan Syahamah, juga pemutaran film santri Ranah 3 Warna. Diadakan juga dongeng santri bersama Kak Tony dan Boneka Asin, Anak Santri Indonesia; dan penampilan Santri Tasawuf Undergroud yang menampilkan musikalisasi nadzam Aqidatul Awam. Semua kegiatan ini diadakan di komplek Masjid Istiqlal,” ujar Nyai Aida Maqbulah.   

Lebih lanjut, Nyai Aidah Maqbulah menyatakan bahwa masyarakat dapat berpartisipasi mengikuti kegiatan lomba dan setiap acara yang diselenggarakan di JAPEX 2022 dan juga dapat membuka stand pendidikan atau stand bisnis  dengan menghubungi panitia untuk lomba dan kegiatan di nomor HP WA 0896-6791-1113 dan untuk stand di nomor HP WA 0813-3230-2424. (M)

Posting Komentar untuk "Rayakan Hari Santri, PW RMI-NU DKI Jakarta Bersama Masjid Istiqlal Gelar Jakarta Pesantren Expo (JAPEX) 2022"