Buka Bimtek Penyelenggara Pilkades, Bupati Ingatkan Panitia Berlaku Netral

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M,  Si menegaskan sumber kegaduhan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa umumnya disebabkan karena Panitia Penyelenggara kurang memahami aturan dan terkesan tidak netral . 

Bupati menegaskan hal itu saat membuka Bimbingan Tehnis (Bimtek) Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bagi Panitia Tingkat Desa dan KPPS se kabupaten  Barru di Baruga Singkerru Adae Rujab Barru, Senin (28/11/2022).

"Saya tegaskan,  jadilah panitia yang profesional dan memahami aturan Pilkades sehingga meminimalkan masalah dan munculnya riak-riak yang dapat memicu kegaduhan," tegas Bupati. 

Dikatakan Bupati, Bimtek yang dilaksanakan hari ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada Panitia agar dalam penyelenggaraan Pilkades berjalan demokratis sesuai aturan. 

Keberhasilan Pilkades, kata Bupati,  sangat ditentukan oleh profesionalisme panitia. Oleh karenanya Panitia harus bekerja  dengan baik dan sesuai ketentuan,  baik  yang diatur dalam Undang undang, Peraturan Menteri maupun Peraturan Bupati (Perbup).

Dirinya menekankan, panitia dalam melaksanakan tugasnya harus berlaku netral dan tidak memihak kepada salah satu calon. Selain itu katanya,  yang  tidah kalah pentingnya Panitia harus meminimalkan munculnya masalah yang dapat mengganggu pelaksanaan pesta demokrasi Pilkades yang akan kita laksanakan secara serentak. 

"Saya harap kepada peserta untuk mengikuti Bimtek secara sungguh- sungguh sehingga Ilmu yang didapatkan dapat diaplikasikan dilapangan sehingga pelaksanaan Pilkades berjalam aman, damai dan sejuk," harap Bupati. 

Bupati juga mengingatkan agar jangan sampai ada pungutan dana oleh Panitia  karena seluruh proses tahapan Pilkades,  dananya sudah dialokasikan dalam APBD. 

Sebelumnya,  Kepala Dinas PMD, PPKB, PPPA Kab Barru  Jamaluddin S. Sos. MH melaporkan,  pelaksanaan Bimbingan Tehnis (Bimtek) Penyelenggaraan Pelkades serentak bagi Panitia Tingkat Desa dan KPPS se Kab Barru diikuti  28 orang Ketua Panitia Tingkat Desa dan 143 orang  KPPS. 

"Selain menerima materi dari para narasumber, Peserta juga akan melakukan Simulasi Pelaksanaan Pilkades," jelasnya. 

(Syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama