Argentina Akan Bertarung Lawan Belanda Di Perempat Final Piala Dunia 2022

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Argentina dan Belanda akan bertarung di laga perempat final Piala Dunia 2022. Pada babak 16 besar yang berlangsung di Ahmad Bin Ali, Doha, Minggu dini hari WIB, Argentina mengalahkan Australia 2-1. Sedangkan Belanda,  menang 3-1 atas Amerika Serikat.

Gol Argentina diciptakan oleh Lionel Messi (35') dan Julian Alvarez (57'), sedangkan Australia dihibur oleh gol bunuh diri Enzo Fernandez (77'), demikian catatan FIFA.

Argentina memegang keunggulan 1-0 pada babak pertama di saat Australia tampil rapi dan terstruktur namun belum mampu menciptakan peluang yang merepotkan kiper Emiliano Martinez.

Sedangkan tim asuhan Lionel Scaloni tak jauh lebih baik dari lawannya karena juga kesulitan membuat peluang meskipun memiliki penguasaan bola lebih banyak.

Tembakan Messi pada 10 menit jelang turun minum membuat Albiceleste unggul menyusul bola rebound dari tendangan bebas yang diteruskan oleh Alexis Mac Allister ke sang kapten Argentina yang mengeksekusi bola dengan tendangan mendatar melewati sejumlah bek Australia dan gagal diamankan kiper Mathew Ryan.

Itu merupakan gol pertama Messi di fase gugur Piala Dunia untuk Argentina.

Messi mendapat ruang dan kesempatan lagi untuk menembak dari luar kotak menyusul rebound umpan silang dari Molina, namun eksekusi kurang sempurna dari sang kapten masih dapat diamankan oleh Ryan pada menit ke-51.

Akan tetapi, enam menit berselang sejak melakukan penyelamatan dari tendangan Messi, Ryan melakukan blunder ketika backpass yang tanggung dari Kye Rowles membuat sang kiper berada dalam tekanan untuk mengamankan area gawang sehingga membuka jalan bagi Julian Alvarez untuk mencuri bola dan melesakkannya ke gawang yang kosong.

Tertinggal dua gol, Australia tak memiliki pilihan lain untuk menyelamatkan nasibnya di Piala Dunia kali selain menyerang.

Pelatih Graham Arnold memasukkan Craig Goodwind menggantikan Riley McGree dengan harapan membawa perubahan terhadap lini depan yang tumpul, didukung oleh Ajdin Hrustic yang menggantikan Keanu Baccus di posisi gelandang.

Kesempatan yang dinantikan Australia datang pada menit ke-77 saat tendangan voli Craig Goodwin dari jarak jauh mengenai muka Enzo Fernandez yang membuat bola terdefleksi dan kiper Martinez tertegun melihat arah bola yang berubah masuk ke gawangnya.

Scaloni di pinggir lapangan dibuat tak tenang melihat timnya kebobolan dan permainan Australia yang lebih hidup.

Bek Aziz Behich, memanfaatkan umpan satu-dua, bahkan mampu tampil solo melewati para pemain Argentina hingga ke depan gawang sebelum tembakannya diblok oleh Lisandro Martinez.

Argentina mendapat peluang emas dua menit jelang injury time setelah Messi mengumpan ke Lautaro Martinez yang berdiri tak terkawal di sisi kiri kotak, namun tendangan sang striker melenceng jauh ke atas gawang.

Argentina tak mengendurkan serangan pada tambahan waktu tujuh menit yang diberikan oleh wasit Szymon Marciniak.

Martinez mendapat peluang serupa dari posisi yang sama, namun tendangannya masih dapat diblok kiper Australia, dan tembakan Messi dari sisi kanan melenceng tipis dari pojok atas gawang.

The Socceroos mengerahkan seluruh tenaganya dan nyaris menyamakan kedudukan di menit terakhir ketika Garang Kuol mendapati dirinya tak terjaga di depan gawang, yang memaksa kiper Martinez meninggalkan posisinya untuk mengamankan bola dan menyelamatkan kemenangan Argentina.

Belanda vs AS

Sementara, Timnas Belanda melewati perlawanan Amerika Serikat dengan skor 3-1 pada pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Ar Rayyan, Qatar, Sabtu malam WIB.

Kemenangan Belanda lahir berkat gol yang dicetak oleh Memphis Depay, Daley Blind serta Denzel Dumfries, sedangkan Amerika Serikat sempat membalas melalui Haji Wright, demikian catatan FIFA.

Pada babak pertama, Amerika Serikat berhasil memberikan ancaman lebih dulu melalui tendangan Christian Pulisic tetapi bola masih bisa dihalau kiper Belanda Andreas Noppert.

Selanjutnya giliran Belanda yang memberikan ancaman dan berbuah menjadi gol melalui tendangan Memphis Depay setelah memanfaatkan umpan tarik Denzel Dumfries sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit ke-10.

Tertinggal satu gol, Amerika Serikat berupaya untuk menyamakan kedudukan salah satunya melalui tendangan keras Timothy Weah, akan tetapi Noppert mampu mementahkan peluang tersebut.

Pada saat tambahan waktu babak pertama, Belanda mampu menambah keunggulan setelah umpan tarik dari Dumfries mampu dimaksimalkan Daley Blind sehingga skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Amerika Serikat lebih sering melancarkan serangan salah satunya melalui sundulan Winston McKennie yang masih bisa ditepis oleh Noppert.

Selanjutnya Belanda yang memberikan ancaman ke gawang Amerika Serikat, salah satunya melalui sundulan Memphis Depay yang masih bisa dihalau oleh kiper Matt Turner.

Amerika Serikat mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-76 melalui gol yang dicetak oleh Haji Wright setelah memanfaatkan umpan Pulisic dan skor berubah menjadi 1-2.

Mampu memperkecil ketertinggalan, Amerika Serikat terus berupaya mencari gol penyeimbang, akan tetapi gawang Matt Turner harus kebobolan ketiga kalinya di laga ini.

Denzel Dumfries melengkapi penampilan apiknya pada laga ini dengan sebuah gol pada menit ke-81, memanfaatkan umpan Blind sehingga skor berubah menjadi 3-1.

Di sisa waktu babak kedua, Belanda berusaha mendominasi jalannya permainan dan membuat pertandingan berkesudahan dengan skor 3-1 untuk keunggulan De Oranje.

(An) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama