Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Tim Studi Tiru BLUD Pemprov Sulbar Tiba Di Provinsi Jawa Timur, SMKN 5 Jember Menjadi Tujuan Pertama

Selasa, Desember 13, 2022, Desember 13, 2022 WIB Last Updated 2022-12-13T13:15:35Z
JEMBER (wartamerdeka.info) - Tim Studi Tiru BLUD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama sejumlah Kepala SMK,  dikawal oleh Plt. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. H. M. Natsir, MM., dan Kabid PSMK, Irham Yakub, S.Sos., M.Si. 

Ikut pula dalam Tim ini :  Staf Ahli Bidang Ekbang Pemprov. Sulbar, Ince Rahmat, Kepala Biro Ekbang. H. Masriadi Nadi Atjo, SE. M.Si., Kabag BUMD dan BLUD Biro Ekbang, Djamaluddin, S.Pd. M.AP, Kasubag BLUD, H.Budianto, SE serta Kepala Cabang Dinas Wilayah I, Roslina, S.Pd., MM.

Sejumlah Pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama Kepala SMK melakukan perjalanan setengah hari dan separuh malam. Berangkat dari Bandara Tampa Padang Mamuju Senin 12 Desember 2022 pukul 11.30 WITA.  Transit di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pukul 12.30 WITA, selanjutnya berangkat pukul 18.20 WITA, dan tiba di Bandara Juanda Surabaya pukul 19.30 WIB. 

Tim langsung menuju Kabupaten Jember via Travel Bus SBL, tiba pukul 03.00. WIB dinihari, stay di Hotel Hotel Dafam Jember, dan hari ini Selasa, 13 Desember 2022 pukul 09.00 WIB sesuai jadwal melakukan visitasi ke SMKN 5 BLUD, lanjut ke ICCRI-PUSLITKOKA Jember. 

Plt. Kadis Dikbud Prov. Sulbar. Drs.  H. M. Natsir,  MM.

Kepala SMKN 5 Jember, Dra. Hj. Kumudawati, M.Pd. resmi menerima Tim Studi Tiru BLUD Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Aula, konon dulu sekolah ini,  bernama Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) berubah menjadi SMKN 1 Sukorambi Jember dan sekarang bernama SMKN 5 Jember sejak 2013.

Hj. Kumudawati dalam sambutannya mengatakan bahwa Sekolah ini menjadi SMK BLUD sejak tahun 2018, dan masuk predikat SMK BLUD Terbaik SMK di Provinsi Jawa Timur. 

Selanjutnya disampaikan, bahwa kunjungan Studi Tiru BLUD dari Pemerintah Provinsi Suawesi Barat  adalah salah satu kunjungan yang ke 72 dalam tahun 2022 ini. 

Menurutnya, Tamu berdatangan dari seluruh penjuru Nusantara, sejak sekolah ini menjadi SMK BLUD Kaliber 55, hal ini dikatannya karena semua produk sekolahnya berkualitas dan Berkaliber 55.

Kepala Bagian BUMD dan BLUD Biro Ekbang Prov. Sulbar, Djamaluddin, SE,. AP. dan Kepala SMKN 5 Kaliber 55 Jember

Hadir mendampingi Kepala SMKN 5 Kaliber 55 Jember adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Jember Dr. Drs. Syamsul Arif, M. M.Pd. Juga hadir Pengawas Sekolahnya.

Usai Tuan Rumah dengan sambutannya yang hangat, tampil Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar, Drs. H. M. Natsir, MM, sebagai penggagas Studi Tiru BLUD ini, menyampaikan bahwa kegiatan ini, bermula dari diskusi dengan beberapa Kepala SMK antara lain, MKKS-SMK Provinsi Sulawesi Barat dan MKKS-SMK dari 6 Kabupaten. Begitu urgensinya BLUD ini, sehingga dilakukan lah Studi Tiru SMK BLUD ini ke Jawa Timur dan Bali, termasuk berkunjung ke ICCRI- PUSLITKOKA Jember. Hal ini dilakukan sebelum SMK BLUD diterapkan di Provinsi Sulawesi Barat. 

Tujuannya agar SMK di Sulawesi Barat bisa meniru hasilnya, dan Best Praktice dari Teaching Factory, Pembelajaran Produktif Berbasis Tefa, Pengembangan Manajemen Sekolah, Rapor Mutu Pendidikan melalui Perencanaan Berbasis Data (PBD),  percepatan untuk mendapatkan data akurat mengenai Tracer Study, serta Pengembangan Budaya industri dan Karakter Peserta Didik serta Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar  Pancasila (P5) sesuai IMPLENTADI KURIKULUM MERDEKA (IKM), juga dapat memberikan layanan umum secara lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan manfaat sejalan dengan Praktik Bisnis Yang Sehat, untuk membantu pencapaian tujuan pemerintah daerah yang pengelolaannya dilakukan berdasarkan kewenangan yang didelegasikan oleh kepala daerah. 

Menurut H. M. Natsir, SMK BLUD, kedepannya diharaphan bisa Cemerlang, dan sekaligus dapat mendorong pengelolaan sekolah menjadi fleksibel dan transparan dalam pengelolaan keuangannya, menciptakan lapangan kerja, wirausahwan muda, dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekolah serta mewujudkan sekolah yang mandiri  dan merdeka, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki softskills, hardskills, dan karakter unggul, serta berdaya saing tinggi.

Sore hari sekira pukul 15.00 WIB Tim Studi Tiru BLUD melanjutkan ke PUSLITKOKA Jember.

Kepala SMKN 1 Tapalang Barat Sjahrir Tamsi

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, usai menyampaikan keinginannya yang besar untuk akselerasi penerapan SMK BLUD di Sulawesi Barat, langsung tampil untuk tanda tangan MoU dengan pihak PUSLITKOKA Jember. 

Setelah itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyerahkan Cenderamata kepada pihak PUSLITKOKA, sebuah plakat diserahkan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. H. M. Natsir, MM, kemudian Kepala Biro Ekbang, . Masriadi Nadi Atjo, SE. M.Si. juga menyerahkan Cendramata berupa sebuah plakat.

Ada yang menarik, tampilnya Kepala SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju, salah seorang anggota Tim Studi Tiru SMK BLUD. Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. juga tampil menyerahkan Cenderamata yang sengaja dibawa dari sekolahnya. Dan sebelum menyerahkan Cendreramata, Sjahrir Tamsi ngambil mikropon yang di meja untuk setengah menjelaskan bahwa merasa sangat bersyukur dan bangga bisa berkunjung tahun 2022 ini di PUSLITKOKA Jember untuk yang ke 4 kalinya mulai tahun 2015, 2018 (sebanyak 2 kali) dalam rangka pelaksanaan program PKL peserta didiknya ketika Kepala SMKN Sulbar yang kini sekolah itu dijabat oleh mantan siswanya, Drs. Sirajuddin, M.Pd. di SMA PGRI Polewali tahun 1987 lalu. 

(Sjahrir Tamsi)

Iklan4

 


 


 


 


 


 


 



 


 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...