Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Tundukkan Kroasia 3-0, Argentina Melaju Ke Final Piala Dunia 2022

Rabu, Desember 14, 2022, Desember 14, 2022 WIB Last Updated 2022-12-14T01:11:31Z
Striker Argentina Julian Alvarez merayakan gol bersama Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Kroasia. (AP)

LUSAIL (wartamerdeka.info) - Argentina melaju ke final Piala Dunia 2022 setelah menundukkan Kroasia, 3-0, di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Gol yang membawa Argentina menang telak dicetak Lionel Messi dari titik penalti dan Julian Alvarez (2 gol).

Ini menjadi final keenam sepanjang keikutsertaan Argentina di Piala Dunia dan pernah memenangkan dua diantaranya yakni tahun 1978 dan 1986.

Di final, Argentina akan bertemu pemenang semifinal lainnya yakni antara Prancis melawan Maroko yang akan digelar Kamis (15/12/2022) dini hari WIB di Stadion Al Bayt.

Pelatih Argentina Lionel Scaloni menurunkan Lionel Messi sebagai duet bersama Julian Alvarez di lini depan Tim Tango. Keduanya didukung barisan gelandang yang terdiri dari Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Enzo Fernández, dan Alexis Mac Allister.

Cristian Romero dan Nicolas Otamendi berduet menjaga jantung pertahanan didampingi Nahuel Molina di kanan serta Nicolas Tagliafico di kiri. Mereka mengawal kiper Emiliano Martinez.

Sementara pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengusung formasi 4-3-3. Dia menampilkan trio lini depan Mario Pasalic, Andrej Kramaric, dan Ivan Perisic.

Sementara di lini tengah, dia menampilkan Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic. Dejan Lovren dan Josko Gvardiol mengawal jantung pertahanan didampingi Josip Juranovic di kanan dan Borna Sosa di sisi kiri. Posisi kiper tetap dipercayakan kepada pahlawan adu penalti di babak 16 besar dan perempatfinal Dominik Livakovic.

Belum ada serangan berarti dari kedua tim untuk menciptakan peluang pada 15 menit pertama pertandingan di Stadion Lusail ini. Lionel Messi dijatuhkan sedikit di luar kotak penalti namun wasit tak menghiraukannya dan tetap melanjutkan pertandingan.

Menit ke-25, Enzo Hernandez nyaris menjebol gawang Kroasia melalui tendangan jarak jauh. Tembakan yang mengarah ke pojok kiri bawah itu gagal membuahkan gol karena ditepis Dominik Livakovic.

Argentina memimpin 1-0 atas Kroasia melalui gol yang dicetak Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-34. Gol berawal dari pelanggaran yang dilakukan kiper Dominik Livakovic terhadap Julian Alvarez di kotak berbahaya.

Lionel Messi yang menjadi algojo tak menyia-nyiakannya. Tendangan eksekusinya berhasil memperdaya kiper. Gol ini sekaligus membawa Lionel Messi melewati rekor Gabriel Batistuta sebagai pemain Argentina yang paling banyak mencetak gol di Piala Dunia dengan 11 gol.

Argentina hanya butuh lima menit untuk menggandakan keunggulan. Kali ini gol terjadi berkat aksi individu Julian Alvarez. Gol berawal dari serangan balik yang dilakukan Argentina.

Julian Alvarez membawa bola dari tengah lapangan dan kemudian memasuki kotak penalti Kroasia. Bola sempat berupaya dibuang pemain bertahan Kroasia namun memantul ke badan Alvarez. Striker Mancheser City ini terus melaju dan berhasil menendang bola lebih cepat dibanding kiper Dominik Livakovic yang berupaya mengadangnya. Skor 2-0 untuk Argentina.

Dua menit kemudian Argentina kembali mengancam. Rodrigo De Paul berhasil melancarkan tendangan ke arah gawang. Namun upanya berhasil diblok. Skor 2-0 untuk keunggulan Argentina bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Kroasia melakukan dua pergantian sekaligus. Mario Pasalic dan Borna Sosa ditarik dan masing-masing digantikan Nikola Vlasic dan Mislav Orsic.

Messi nyaris membawa Argentina mencetak gol ketiga pada menit ke-58. Dia melepaskan tendangan dari kotak penalti namun berhasil diamankan kiper Dominik Livakovic.

Argentina mencetak gol ketiganya berkat aksi Julian Alvarez pada menit ke-69. Gol terjadi berkat andil luar biasa Lionel Messi. Sang kapten membawa bola dari tengah lapangan dan mengacak-acak pertahanan Kroasia lalu melepaskan umpan yang dengan cepat dimanfaatkan Julian Alvarez. Penyerang berusia 22 tahun itu dengan mudah menceploskan bola ke gawang. Skor 3-0 untuk Argentina.

Menit ke-84, Kroasia memiliki peluang. Berawal dari sepak pojok yang dikirim Lovro Majer. Bola kemudian disundul oleh Ivan Perisic. Namun bola yang lewat di depan gawang tidak bisa dimanfaatkan oleh pemain Kroasia lainnya. Skor 3-0 untuk Argentina bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain:

Argentina (4-4-2): 23 Emiliano Martinez; 26 Nahuel Molina (2 Juan Foyth 86), 13 Cristian Romero, 19 Nicolas Otamendi, 3 Nicolas Tagliafico; 7 Rodrigo de Paul (14 Exequiel Palacios 74), 5 Leandro Paredes (25 Lisandro Martínez 62), 24 Enzo Fernández, 20 Alexis Mac Allister (15 Ángel Correa 86); 10 Lionel Messi, 9 Julian Alvarez (21 Paulo Dybala 75)

Pelatih: Lionel Scaloni


Kroasia (4-3-3): 1 Dominik Livakovic; 22 Josip Juranovic, 6 Dejan Lovren, 20 Josko Gvardiol, 19 Borna Sosa (18 Mislav Orsic 45); 10 Luka Modric (7 Lovro Majer 81), 11 Marcelo Brozovic (16 Bruno Petkovic 50), 8 Mateo Kovacic; 15 Mario Pasalic (13 Nikola Vlasic 45), 9 Andrej Kramaric (14 Marko Livaja 72), 4 Ivan Perisic

Iklan4

 


 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...