Hadiri Festival Ikan Golok Sabrang 2023 Di Kelurahan Blimbing, Bupati Lamongan: Semoga Memberikan Keberkahan


LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Festival Ukan Golok Sabrang Lamongan 2023 digelar di Kelurahan Blimbing Paciran.  Bupati Lamongan Yuhronur Efendi berharap kegiatan yang baru pertama kali digelar dan diperkenalkan kepada masyarakat luas ini akan mampu memberikan keberkahan bagi masyarakat.


Dalam kegiatan tersebut, dibagikan total 2.023 ekor Ikan Golok Sabrang secara gratis kepada masyarakat yang turut hadir mengikuti kegiatan.


"Alhamdulillah kami bisa hadir untuk melakukan silaturahmi, sekaligus untuk ikut serta memeriahkan kegiatan petik laut dengan tema Festival Golok Sabrang. Hari ini nanti ada 2.023 Golok Sabrang yang akan kita nikmati bersama-sama. Semoga kegiatan ini memberikan kebarokahan bagi kita semua, sehingga semua nelayan kehidupannya akan semakin sejahtera,"  kata Bupati Yuhronur saat hadir pada kegiatan Festival Golok Sabrang acara Petik Laut 2023 Kelompok Rukun Nelayan Blimbing Kecamatan Paciran, Senin (6/2). 


Pemerintah Kabupaten Lamongan terus mengupayakan,  masih kata Bupati agar semua aktivitas nelayan ini bisa terfasilitasi, baik melalui penyaluran bantuan BPJS Ketenagakerjaan juga koordinasi dengan pihak terkait, mengingat terkait wilayah laut terdapat batas-batas kewenangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.



"Pemerintah selalu mengupayakan, berikhtiar, supaya nelayan dalam setiap kegiatannya, setiap aktivitasnya dapat kita fasilitasi dengan sebaik-baiknya. Kami terus melakukan pendalaman di tempat ini, dikoordinasikan dengan yang berwenang juga karena keterbatasan kita adalah terkait kewenangan," ungkap Bupati Yes.


Dia juga mengajak nelayan untuk ikut serta dalam BPJS Ketenagakerjaan guna memberikan rasa aman dan nyaman saat melaksanakan pekerjaannya. 


"Pada tahun 2022 telah serahkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan oleh Pemkab Lamongan untuk 8.000 nelayan, begitu juga pada tahun 2023 dikatakan Pak Yes akan pula diberikan dengan jumlah yang sama. "Ini ikhtiar supaya seluruh nelayan ini kehidupannya semakin sejahtera," pungkasnya.


Ketua Rukun Nelayan Kelurahan Blimbing Nur Wahid, sebut Ikan Golok Sabrang dipilih sebagai tema Festival Petik Laut adalah kerana jumlah produksi ikan tersebut merupakan yang terbesar di Kelurahan Blimbing. "Karena memang produksi terbesar di sini Ikan Golok Sabrang. Festival ini dimulai tahun ini dan insyaallah akan dilaksanakan setiap setahun sekali," jelas Wahid.


Ikan Golok Sabrang atau juga disebut sebagai Ikan Mata Besar (Purple-spotted/Big eye), berdasarkan data dari Dinas Perikanan Kabupaten Lamongan merupakan jenis ikan tangkap yang memiliki jumlah produksi cukup tinggi di Lamongan, yakni mencapai 1.025,69 ton pada tahun 2022 dengan nilai harga rata-rata Rp 17.000 per kilogramnya. 


Menjadi salah satu penyumbang produksi ikan terbesar di Jawa Timur, pada tahun 2022 Pemkab Lamongan berhasil merealisasikan tangkapan perikanan laut dan darat sebesar 83. 256, 16 ton dari target tangkapan sebesar 80.821,81 ton. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama