Kampanye Mandatory Produk Halal, Digelar Serentak Kemenag Barru Di Takkalasi Dan Ele


BARRU (wartamerdeka.info) - Sosialisasi dan Kampanye Mandatory Produk Halal digelar serentak oleh Kementerian Agama Kabupaten Barru di Pasar Takkalasi Kecamatan Balusu dan Pasar Ele Kecamatan Tanete Riaja , Sabt (18/3/2023).


Pelaksanaan sosialisasi sertifikasi produk halal di Kabupaten Barru, didukung Pemkab Barru, Badan Amil Zakat,Halal Indonesia.


 PLH Kepala Kementerian Agama yang juga Kasi Binmas Kabupaten Barru DR.H.Magbul Arif,M.Ag yang membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI menegaskan bahwa sesuai amanat dari Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014,  maka setiap produk yang masuk dan beredar di seluruh wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal. 

 

 Oleh karena itu, dalam rangka menyukseskan penahapan pertama kewajiban sertifikasi halal maka pemerintah memberi kemudahan pendaftaran sertifikasi halal secara gratis yang disingkat Sehati. 


"Hari ini kampanye mandatory sertifikasi produk halal serentak dilakukan di seribu titik di Indonesia. Di Kabupaten Barru ada dua titik tempat kampanye produk halal hari yakni pasar Takkalasi Kecamatan Balusu dan Pasar Ele Desa Lompo Tengah," jelasnya


Camat Balusu Drs. Ridwan Nurdin merespon baik kampanye sertifikasi produk halal. Karena Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mewajibkan pelaku usaha mikro dan kecil untuk memiliki sertifikat halal bagi produk olahannya. 


Harapannya, Sosialisasi dan kampanye produk halal ini tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.


Kepala KUA Balusu Drs H.Husni Makki mengungkapkan,kampanye atau sosialisasi ini adalah memperkenalkan bahwa semua produk olahan atau penyembelihan pada tahun 2024 mendatang wajib bersertifikat halal.


"Tujuan sosialisasi ini untuk memperkenalkan produk halal.Ini sudah menjadi perintah Allah SWT, sebagaimana makna dari halalan thayyiban yaitu sesuatu yang halal lagi baik," terangnya. 


Turut hadir, Kapolsek Balusu Ipda Iqmal ,S.H,S.E, Danramil Balusu /Soppeng Riaja Letda Inf.Agus Bakri,Mewakili Diskoperimdag Yusuf Al Bahtima,S.E,Kepala KUA Mallusetasi Muhajirin,S.Ag, Babinsa dan Babinkantimas,Baznas Balusu pelaku usaha serta Tim Kominfo Barru.

(syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama