Kurang 49 Hari Lagi, KPU Cilacap Gelar Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pemilu 2024


Cilacap, wartamerdeka.info, – Tinggal 49 hari lagi menuju pelaksanaan Pesta Demokrasi pada 14 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap menggelar rapat koordinasi lintas sektor untuk mempersiapkan Pemilu 2024 agar berjalan lancar dan aman.

Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan di Hotel Aston Cilacap, Selasa (26/12/2023). Rakor ini hadiri Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, Pj Sekda Cilacap Ir.Sujito dan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Handi Tri Ujiono.

Hadir pula Dandim 07/03 Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, Kapolresta Cilacap, Kombes Pol. Ruruh Wicaksono, Ketua Bawaslu Cilacap yang diwakili oleh Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Ujang Taufik Nur M, Kepala BMKG Cilacap yang diwakili Deas Ahmad Rival selaku wakil Ketua BMKG Cilacap beserta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Cilacap, Weweng Maretno mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap dan dinas instansi terkait atas fasilitas dan dukungan yang diberikan hingga akhir 2023. Sekaligus ucapan yang sama, kepada TNI/Polri atas dukungan keamanan dan ketersediaan logistik untuk Pemilu.

"Kami ingat betul pada saat Rakor Kesiapan Pemilu yang dilaksanakan oleh Kapolresta Cilacap dan gelaran Operasi Mantap Brata, bahwa Cilacap Wajib Aman selama pelaksanaan Pemilu," ungkap Weweng.

Dilaporkan oleh Weweng, KPU Cilacap sedang mempersiapkan Logistik Pemilu, diantaranya 3 jenis SS telah diterima dan sedang dalam proses sortir dan pelipatan. Disisi lain, skema pengiriman dari KPU Kabupaten menuju PPK dan PPS daerah sulit serta masih kurangnya kebutuhan KPPS.

"Rekruitmen KPPS telah diumumkan pada tgl 23 Desember 2023, tercatat dari kebutuhan 41.748 baru terpenuhi 35.256, sehingga masih kurang 3.050 orang. Terhadap kekurangan tersebut, KPU Kabupaten Cilacap akan mengambil strategi lain," pungkasnya.

Rakor dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori Ketua KPU Cilacap, Weweng Maretno. Bertindak  sebagai narasumber, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, Kapolresta Cilacap, Kombes Pol. Ruruh Wicaksono, Dandim 07/03 Cilacap Letkol Inf Andi Yuliazi, Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Cilacap, Ujang Taufik Nur M serta Wakil Ketua BMKG Cilacap Deas Ahmad Rival.

Dalam paparannya, Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri menyampaikan Pemerintah Kabupaten Cilacap siap mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 seperti pengamanan dari Satpol PP dan Linmas

"Pengamanan dari Satpol PP ada 126 personel yang tersebar di 24 Kecamatan dan Linmas 6404 personel tersebar hingga ke masing-masing TPS. Terpenting kami memberikan pelayanan publik dari semua OPD tanpa melihat latar belakang," kata Awaluddin

Awaluddin menegaskan Pemkab Cilacap berkomitmen mendukung suksesnya pemilu dan pemilu kepala daerah tahun 2024. 

"Tingkat partisipasi masyarakat harus terus didorong di setiap kesempatan sehingga pemilu 2024 tingkat partisipasi politik warga masyarakat lebih tinggi lagi," tutupnya. (gus/kominfo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama