Penutupan KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makasar Posko UPTD SMKN 1 Tapalang Barat

 
Mamuju, wartamerdeka.info, - Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar Posko UPTD SMKN 1 Tapalang Barat laksanakan "Ramah Tamah" mengakhiri aktivitasnya di Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan dirangkaikan dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Pembawa Hikmah Maulid, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tapalang Barat, Husain, S.Ag. yang juga merupakan Kerabat dekat dan Sahabat  Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. sebagai Pengurus DPP - IARMI Sulawesi Barat Periode 2022-2026.


Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah wujud Implementasi P5 di sekolah, penjabaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan merupakan momen bersejarah di penghujung pengabdiannya sebagai ASN, berhubung akan Purnabakti 1 September 2024. Dikatakannya dengan jujur, baru kali ini menyaksikan kegiatan di sekolahnya yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar Tahun 2023 ini yang disambut dengan suka cita warga masyarakat Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 

Ada yang menarik pada kegiatan ini, sehingga warga masyarakat datang menyerbu dan menyaksikan secara langsung di sekolah, yaitu : 

1) Qari'ah Nasional, Hasmiah, S.Ag. Staf Penyuluh Agama KUA Kecamatan Tapalang Barat. Tampil spektakuler melantunkan Ayat-Ayat Suci Alquran;

2) Penyerahan Hadiah Hasil Pertandingan Sepak Bola yang dilaksanakan di Desa Pasa'bu kerja sama Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar; 3) Kepala Dusun Beru-beru bersama warganya dan Atelit Keseblasan Sepak Bola Betu-beru I datang menerima hadiah sebagai juara 1. Hadiah diserahkan Kepala Desa Pasa'bu yang juga Ketua Komite di Sekolah ini;

4) Atelit Keseblasan UPTD SMKN 1 Tapalang Barat sebagai juara 2, hadiahnya diserahkan langsung Kepala UPTD SMKN1 Tapalang Barat, Sjahrir Tamsi;

5) Atelit Keseblasan Beru-beru II menerima hadiah sebagai juara 3. Hadiahnya diserahkan Kepala KUA, Husain, S.Ag.;

6) Kepala Dusun Ujung Bundu bersama warganya dan Atelit Keseblasan Sepak Bola datang menerima hadiah sebagai juara 4 diserahkan, Koordinator Sekolah Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar, Muhammad Ainun Najib;

7) Kepala Dusun Le'be bersama warganya dan Atelit, "Parlan" tampil menerima hadiah sebagai Top Score diserahkan Sekretaris Desa Pasa'bu;

8) Kepala Dusun Beru-beru tampil lagi menyerahkan hadiah kepada warganya, "Haikal" sebagai Best Player;

9) Mewakili Dosen Pembimbing, Kampus UNM Makassar, dan Rektornya, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam , S.TP. M.TP., IPU. ASEAN-Eng, Koordinator Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar Posko UPTD SMKN 1 Tapalang Barat,  Muhammad Ainun Najib menyerahkan Cendramata dari  kepada Kepala Desa Pasa'bu, Jalaluddin Jadil, S.Ag. Dan juga  kepada Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Sjahrir Tamsi;

10) Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat tampil mempesona,  memukau hadirin dengan mengenakan kopiah hitam dan kemeja batik dasar kuning konfigurasi kembang bercorak cokelat yang menawan dipandang mata, dipadu dengan  celana panjang hitam. Atas nama sekolah menyerahkan Cendramata yang Unik dan Exclusive berupa "Perahu Sandeq" kepada Koordinator Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar, Muhammad Ainun Najib.

11) Sjahrir Tamsi juga menyerahkan Tropi, Piagam dan Bonus Hadiah Sebesar Rp. 2.000.000.00 ditambah Partisipasi dan Apresiasi dari guru-guru kepada Peserta Didiknya yang meraih Juara 1 pada Pertandingan Futsal Tingkat Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Minggu 10 Desember 2023.

12) ada 12 Kelas menampilkan pohon pisang dengan buah telur yang tertancap warna pelangi juga ada display kuliner dan "Tiri"

Perlu diketahui "Tiri" adalah merupakan paduan berbagai jenis makanan khas daerah (antara lain berupa makanan yang terbuat dari beras ketan beragam warna, telur ayam rebus, telur bebek dengan konfigurasi warna yang indah ditancapkan pada sebatang pisang berhiaskan kertas minyak, juga beragam jenis kue yang manis dan asin, dan lain-lain) sebagai salah satu budaya orang Mandar yang mendiami pesisir sepanjang Pantai Manakarra, Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, tepatnya di Desa Pasa’bu,  Kecamatan Tapalang Barat. 

Hadir dalam Kegiatan ini, Mahasiswa KKN-PPL Terpadu Angkatan XXVII UNM Makassar Posko SMKN 1 Tapalang Barat adalah sebagai berikut :

I. Mahasiswa KKN :

   1. Muhammad Ainun Najib, Koordinator 

   2. Ferdy Pratadiansa

   3. Andi Muh. Arya

   4. Risma Roiadi DS

   5. Risma Roiwendi BS

   6. Wildah Cahyani

   7. Mirna Yuningsih

II. Wakasek 1, 3, dan 4

III. Ketua Program Keahlian SMK OKE De : 

1) Otomotif (TSM), 2) Teknik Komputer dan Jaringan, 3) Elektronika (TAV), dan 4) Desain Komunikasi Visual;

IV. 12 Wali Kelas; 

V. Guru-Guru;

VI. Staf Sekolah;

VII.  Ketua, Sekretaris dan segenap Pengurus OSIS;

VIII. Sejumlah Peserta Didik, dan

IX. Sejumlah warga masyarakat Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama