Kehadiran Masjid Megah di Lasinri Segera Terwujud

 

Barru, wartamerdeka.info, - Rencana pembangunan Masjid Raya Barru bakal segera terwujud. Bahkan proses pelelangan/tender dijadwalkan bulan Januari ini.

Hal itu disampaikan Bupati Barru H. Suardi Saleh pada ekspose pembangunan Masjid Raya Barru diruang rapat lantai 5 Menara Kantor Bupati Barru, Senin 22/1/2024.
Bupati mengingatkan, melalui ekspose pembangunan masjid raya Barru dimaksudkan mematangkan persiapan sekaligus  untuk mengetahui apa yang masih kurang dan yang perlu dibenahi sebelum menuju proses pelelangan. Sehingga katanya, pembangunan Masjid ini betul betul sesuai harapan.


 "Kami tekankan agar segera menyelesaikan kendala yang menghambat pelelangan, dan berharap dibulan Januari ini kita sudah mengadakan lelang sehingga paling lambat awal Desember 2024, Masjid kita sudah bisa diresmikan", ungkap Bupati, seraya menambahkan kehadiran Masjid ini  menggambarkan Barru sebagai kota santri sesuai dengan visi misi kita yang  bernafaskan keagamaan.
Terkait masjid yang sudah ada sekarang dilokasi rencana pembangunan Masjid Raya, Bupati Barru berharap kedepan agar Pengurus masjid lama seperti  Pegawai Syara' dan Iman  tetap diberdayakan dan tetap mempertahankan simbol simbol dari masjid lama seperti kubahnya untuk dipertahanakan.
Berdasarkan data yang dihimpun
Mesjid yang berukuran 45x45 meter dengan kapasitas 3000 jamaah ini modelnya  mereferensi dari arsitektur  Masjid Al  Haram di Mekkah dan masjid Nabawi di Madinah dan  beberapa arsitektur ternama di Istanbul. 
Untuk memenuhi kriteria tersebut, konsep arsitektur Masjid tersebut  sejalan dengan nilai ke Islaman dalam Alquran dan hadist seperti hemat,fungsional, humanis,indah, bersih, nyaman, berwawasan lingkungan, berwawasan gender/muhrim dan non muhirim, berwawasan mitigasi bencana. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama