Bunda PAUD Barru Buka Sosialisasi dan Lokakarya Akreditasi PAUD-PNF 2024

 Barru, wartamerdeka.info, - Ketua Pokja sekaligus Plt Bunda PAUD Kabupaten Barru drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi, MARS membuka secara resmi Sosialisasi dan  Lokakarya Akreditasi PAUD PNF tahun 2024 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Selasa (23/4/2024).

Ketua Pokja Bunda PAUD, Ulfa Nurul Huda mengatakan, pemanfaatan hasil akreditasi oleh satuan pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemenag adalah sebagai refleksi untuk memperbaiki kualitas layanan satuan pendidikan secara mandiri. 

Selain itu katanya,  juga dapat dijadikan gambaran pemetaan kualitas pendidikan yang ada di wilayah binaan dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kemenag. 

Di ingatkan, dalam melakukan akreditasi PAUD dan PNF, ada beberapa butir penilaian instrumen PPA PAUD yang lebih dikenal dengan sebutan Delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP)  yang perlu diperhatikan diantaranya ;
Standar deteksi pertumbuhan dan perkembangan anak; Standar Kurikulum dan acuan tingkat satuan pendidikan, layanan menurut kelompok usia; Standar Perencanaan pembelajaran, supervisi pembelajaran  keterlibatan orang tua, ketersediaan dokumen laporan antara orang tua dan pendidik, serta ketersediaan dokumen laporan pertemuan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang melibatkan orang tua. 

Kemudian Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar Sarana dan Prasarana; Standar  Perencanaan, Pengorganisasian dan Pelaksanaan; Standar  Rencana Anggaran dan Administrasi Keuangan, dan Standar Penilaian dan Laporan Perkembangan Anak.

Direktur RSUD Lapatarai Barru yang akrab disapa Bu Dokter Ulfah menambahkan, selain 8 standar nasional pendidikan juga terdapat 6 tahapan pelaksanaan akreditasi Dasmen dan program pendidikan kesetaraan yaitu : identifikasi dan penetapan sasaran, sosialisasi, visitasi dan penilaian, validasi dan penetapan status. 

Sosialisasi dan Lokakarya berlangsung satu hari diikuti 160 orang Pengelola dan Operator PAUD se Kabupaten Barru, turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kab Barru H. Andi Adnan Azis SSTP. M. Si. Kakan Kemenag yang diwakili Kasi Penmad H. Syamsul Bahri Amin S. Ag. MA. Kabib PNF dan PAUD Dikbud Barru H. Arkil Hafid S.Ag.M.Pd. Para Aksesor Akreditasi Kab. Barru dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Nurdin Noni M. Hum, anggota BAN PDM Prov. Sulsel bersama tim. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama