Panen Hasil P5 Peserta Didik UPTD SMKN 1 Tapalang Barat

 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila disingkat P5 merupakan salah satu inovasi dalam kurikulum merdeka bertujuan untuk memberikan peserta didik pengalaman nyata dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila melalui serangkaian aktivitas projek pembelajaran, baik di dalam maupun di luar kelas.

Perhelatan Panen Hasil P5 Peserta Didik UPTD SMKN 1 Tapalang Barat dilaksanakan Kamis, 30 Mei 2024 di Pelataran SMK OKE Deh atau SMK dengan jargon Sekolah Modern Penuh Harapan Untuk Masa Depan Cemerlang.

Lampu Hias, Karya Kreatif Peserta Didik : Program TAV

SMK OKE Deh, diketahui singkatan dari Program/Konsentrasi Keahlian yang ada di sekolah ini dan menjadi pilihan utama bagi orang tua untuk menuntun anaknya yang tamat SMP atau MTs, mendaftar pada Program/ Konsentrasi Keahlian yang siap kerja dan juga bisa lanjut ke semua Perguruan Tinggi Ternama : Otomotif atau Teknik Sepeda Motor, Komputer atau Teknik Komputer dan Jaringan, Elektronika atau Teknik Audio Video, dan Desain Komunikasi Visual.

Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan perhelatan ini adalah manifestasi kegiatan dan karya kreatif peserta didik yang terakumulasi dalam bentuk Panen Hasil P5 yang ditampilkan oleh peserta didik, baik kolaborasi dengan teman sekelasnya maupun secara mandiri.

Program/Konsentrasi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) melaunching Studio Foto dengan Studio Musik dan terbuka untuk Umum.

Peserta didik menampilkan produk yang nantinya bisa berkelanjutan menjadi  produk yang laku dan laris manis di  masyarakat (online and offline), untuk "Wirausaha" berupa ; kuliner dengan varian menu kearifan lokal, kreativitas berbagai jenis kerajinan tangan berupa Kotak tisu, Kotak tempat sampah, Keranjang buah segar, dan Jam dinding serta Hiasan dinding dengan menggunakan bahan dari tutup botol bekas air mineral. 

Ada juga Lampu hias dengan bahan dari sendok plastik bekas. Ada Tarian P5, dan Fashion show dengan menggunakan pakaian daur ulang yang terbuat dari koran bekas dan kantong kresek plastik bekas dan dibalut dengan konfigurasi warna yang mempesona dan luar biasa indah dipandang mata para penonton yang datang dengan penuh antusias, baik warga sekolah maupun warga masyarakat Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. 

Semua Produk kreatif yang ditampilkan para peserta didik dilombakan dan langsung dinilai oleh guru-guru yang tergabung dalam Tim Juri diantaranya ; Kiki Fitri Aulia, S.Kom., Sulpiana, ST, Nurmi Oktaviani HA, S.Pd., dan Zohraya, S.Pd.
Sementara Tim P5 yaitu ; Penanggung Jawab, Jusran Yasin, S.Kom. (Wakasek 2 Bidang Pembinaan Peserta Didik), Nurhasmawati, S.Pd. selaku Koordinator didampingi anggota yakni, St. Rahmah, S.Pd. (Pembina OSIS), Syarifah, S.Pd., Sidrawati Mas'ud, S.Pd.I.

Hadir Wakasek 1 Bidang Perencanaan Pendidikan (Kurikulum), Parlan, S.Pd., Wakasek 3 Bidang Humas dan Sarana Prasarana Pendidikan, Sarifuddin, S.Pd.I., M.Pd., yang juga adalah Ketua Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan disingkat TPPK Sekolah ini, Guru-guru dan staf TU serta Pengurus OSIS dan sejumlah Peserta Didik Kelas X dan XI, warga sekolah dan warga masyarakat Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. (Sjahrir Tamsi)

2 Komentar

  1. Luar biasa SMKN 1 TAPALANG BARAT, dgn memanfaatkan barang bekas dan menjadikan produk kewirausahaan, smoga ni smua bisa memotivasi siswa yg lainnya untuk menjadi pelajar yg kreatif

    BalasHapus
  2. Amazing untuk SMKN 1 Tapalang Barat,,karya-karya yang dihasilkan sangat menginspirasi karena produk yang dihaslkan merupakan Recycle dari brang yng sudah tdak terpakai k

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama