Teguh Iswara Motivasi Mahasiswa Kelas Inspirasi PMM4 UNHAS

 Barru, wartamerdeka.info, -Tokoh Pemuda Inspiratif Teguh Iswara Suardi, ST., M.Sc., didaulat menjadi narasumber pada Kelas Inspirasi Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 Inbound Universitas Hasanuddin (UNHAS) Kelompok 4 Sikamali di Baruga Singkeru Adae, Rujab Bupati Barru Sabtu (02/06/2024).

Teguh yang akrab disapa Tis,  menceritakan kisah perjalanan hidupnya dari awal pendidikannya sampai akhirnya berkiprah di jalur politik.

Dari perjalanan hidupnya, Teguh mengingatkan bahwa apa yang kita lakukan pada masa lalu akan membentuk kita hari ini dan akan berdampak pada masa depan dimana tentu akan banyak penolakan, hal hal baru dan pelencengan.


"Akan tetapi jauh lebih baik mempersiapkan diri dari sekarang dengan sebaik-baiknya dari pada menyesal dimasa muda kita tidak melakukan apa-apa dan saya salut sama kalian karena berani meninggalkan zona nyaman dengan merantau ke Makassar", sebut Teguh.

Menurutnya sebagai Pemuda harus memiliki kepekaan dan keresahan karena kalau mati rasa bagaimana bisa membangun bangsa, dan memikirkan apa yang bisa kita kontribusikan bagi daerah, diri sendiri, lingkungan dan sosial.

Dia juga memotivasi dan memberikan tips dan trik para mahasiswa agar lebih semangat lagi untuk mengembangkan diri termasuk  dengan bersekolah keluar negeri, terlebih sekarang informasi tentang beasiswa keluar negeri sudah bisa kita akses dengan mudah, tapi tentu saja kuncinya adalah menguasai bahasa Inggris.

Selanjutnya, Teguh mengutip quote Bung Hatta "Indonesia tidak akan bercahaya Karena obor besar di Jakarta, tetapi Indonesia akan bercahaya karena lilin-lilin di desa".

Dari quote inilah Putra kedua Suardi Saleh menceritakan alasan dirinya untuk kembali dan mengabdikan ilmunya ketanah air aktif sebagai dosen dan praktisi arsitektur kemudian terjun di dunia politik.

Pada bagian lain, Teguh juga menjelaskan alasannya terjun pada politik karena 3 hal yakni momentum, pengabdian, dan representatif.
Dari tiga alasan inilah Teguh yang terpilih menjadi anggota DPR-RI dapat mengetahui masalah, dan potensi daerah, peluang dan berpikir bagaimana bisa berkontribusi dalam membangun daerah.

Diakhir paparannya, Teguh berharap ke depan pihak Kampus-kampus termasuk UNHAS dapat bekerja sama dengan Pemerintah dalam kebutuhan akan riset melalui otak otak brilian mahasiswa(i) yang dimiliki.

Hadir membersamai para mahasiswa , Kepala Subdirektorat MBKM /Koordinator PT, Dosen Modul Nusantara, Mentor Modul Nusantara, Mahasiswa (i) PMM 4 Modul Inbound UNHAS. (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama