Headline

Soal Laporan Ketua BPD Ke Mapolres, Ini Tanggapan Kadis PMD OKU

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs Ahmad Firdaus MSi OKU (wartamerdeka.info)  -   Sejumlah warga Kabupaten Ogan Komeri...

Gubernur Kepri Buka Bengkel Pelatihan Tanjak dan Tengkolok


KARIMUN (wartamerdeka.info) -  Bertempat di gedung Pemuda Karimun, Kelurahan Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, kegiatan bengkel pengenalan Tanjak dan Destar atau Tengkolok yang diselenggarakan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kecamatan Tebing resmi dibuka Gubernur Kepri, DR H Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, Sabtu (13/10-2018).

Dalam kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian penghargaan Tanjak kepada Gubernur Kepri dan Kapolres Karimun. Pemberian penghargaan Tanjak dilakukan dengan cara memasang Tanjak di kepala Gubernur dan Kapolres.

Ketua LAM Kabupaten Karimun, Datuk H Abu Samah mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan bengkel seni budaya Melayu dalam bidang tata cara pembuatan, pemakaian seni Tanjak dan Destar atau Tengkolok,  yang artinya tutup kepala khas bagi orang-orang Melayu.

Bengkel ini bekerjasama dan bersatu antara ahli-ahli Tanjak yang ada di Kabupaten Karimun, Singapore, Malaysia dan Thailand dan termasuk juga ahli yang dari pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk mengsukseskan kegiatan ini antara ahli-ahli sering berdiskusi atau bertukar pikiran bagaimana pengembangan untuk kemajuan dan pembentukan seni Tanjak," pungkasnya.


Pemberian penghargaan Tanjak kepada Kapolres Karimun ini maksudnya yaitu kalau Bapak Kapolres sudah memakai Tanjak artinya Beliau sudah disahkan oleh LAM dan mendapat gelar Datok Panglima. 

Setelah pemakaian Tanjak, kita juga doakan secara tepung tawar untuk memberikan restu kepada Kapolres Karimun agar apapun kegiatan Kapolres di Kepulauan Riau, khususnya Kabupaten Karimun ini mendapatkan berkah dan keselamatan.

Pelatihan Tanjak dan Tengkolok ini dilaksanakan di Karimun setiap tahun dan ini sudah yang ke tiga kalinya. Para ahli Tanjak ini melakukan kegiatannya keliling seperti sekarang di Karimun, bisa saja nanti diadakan di Malaysia, Singapore, Thailand dan begitulah seterusnya cara mereka keliling," jelasnya.

Kapolres Karimun, ABKP Hengky Pramudya, S.I.K mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Kabupaten Karimun dengan pemberian Tanjak oleh LAM Kabupaten Karimun, sebagai wujud penghormatan dan kepercayaan masyarakat Karimun kepada Polres Karimun, Polda Kepri.

Berkaitan dengan hal tersebut Polres Karimun harus lebih memacu kinerjanya dalam rangka melayani dan melindungi masyarakat. Meningkatkan SDM dan mengoptimalkan sumber daya yang ada dengan menjalin kemitraan dengan masyarakat.

Hal ini menjadikan motivasi Polres Karimun untuk bisa bekerja lebih profesional dan akuntabel, terutama dalam menjaga Kamtibmas di Kabupaten Karimun," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri, Gubernur Kepri, DR.H Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si, Kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya, S.I.K, Ketua LAM Kabupaten Karimun, Datok Abu Samah, Kapolsek Tebing, AKP budi Hartono, S.I.K, Kasat Lantas, AKP Teuku Fahzrial Kennedy, S.I.K, Kasat Binmas, AKP Eriman, serta undangan sekitar 50 orang.

Adapun narasumber, Pengajar dan Staff yaitu dari, Akademi Seni Tradisional Warisan Melayu yakni: DR. DR (Hc) Johan Iskandar, Fadzil Azwan Bin Mohamad Nan, Mohamad Zahar Dad Bin Abdul Rahim, Mohd Herman Yadi Bin Mohd Aini, Sti Asma Bt Rahim, Mohammad Iqtar Bin Azmi, Wan Mihd Zamri Bin Wan Ismail, Abu Abdillah Fahmi.  (Sihat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gubernur Kepri Buka Bengkel Pelatihan Tanjak dan Tengkolok"

Posting Komentar