Headline

Inilah Wawancara Khusus Dengan Maria G Levitar, Selingkuhan Bupati Merauke Frederikus Gebze

"Saya Minta Janji Bupati Freddy Kepada Saya Ditepati, " Ujar Maria Maria Gabriella Levitar   JAKARTA (wartamerdeka.info) -...

Ruwat Bumi Warisan Leluhur Warga Jalatunda Mandiraja


BANJARNEGARA (wartamerdeka.info) – Babinsa Koramil 07/Mandiraja Pelda Hermanto beserta anggota menghadiri kegiatan Ruat Bumi kirab Budaya Hasil Bumi  dari Halaman Balai desa Jalatunda menuju kediaman Kapala Desa Jalatunda Kecamatan Mandiraja Kamis, (11/10/2018).

"Tujuan diadakan acara  Ruat Bumi di Desa Jalatunda untuk melestarikan Budaya Jawa  dan mempererat tali silahturahmi antar warga Desa Jalatunda," ujar Pelda Hermanto.

Kepala Desa Jalatunda, Satam mengatakan, kemajuan jaman tentu tidak bisa di hindari di setiap negara, namun perkembangan yang ada tentu tidak akan menggerus budaya dan tradisi yang ada di daerah yang masih katagori pedesaan. "Kirab hasil bumi di awali dengan tradisi  selamatan di sumur Jalatunda yang di keramatkan oleh warga setempat dengan mengarak air sumur jalatunda sebagai sombolis sebelum pementasan wayang kulit semalam suntuk, Warga sangat antusias, lebih dari 1000 orang," tambahnya.

Danramil 07/Mandiraja melalui Pelda Hermanto juga menyampaikan, melestarikan budaya dan tradisi adat istiadat  sangat penting, agar generasi penerus dan anak cucu kita bisa mengetahuinya dan tidak tergerus oleh perkembangan budaya luar atau barat.

"Kami bangga dengan bapak TNI yang ikut dalam kegiatan ini, bahkan ikut menabuh alat musik tradisional dalam arak-arakan," ucap Slamet, salah satu warga desa Jalatunda.

Slamet juga mengucapkan terimakasih atas keikutsertaan yang berbaur langsung dengan warganya serta andil secara langsung dari  TNI khususnya anggota Koramil 07/Mandiraja dalam kegiatan tersebut.(gus)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ruwat Bumi Warisan Leluhur Warga Jalatunda Mandiraja"

Posting Komentar