Bakamla RI Dan Pemkab Nunukan Teken Naskah Kesepahaman Bersama Peningkatan Kamlamla


NUNUKAN (wartamerdeka.info) - Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) dan Pemerintah Kabupaten Nunukan menandatangani Nota Kesepahaman Bersama dan Perjanjian Kerja Sama, di Kantor Bupati Nunukan, Selasa (13/8/2019).

Penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama tentang Peningkatan Keamanan dan Keselamatan Laut (Kamlamla) dan Perjanjian Kerja Sama tentang Pembentukan dan Pemberdayaan Desa Maritim di wilayah Perairan Kabupaten Nunukan dilakukan oleh  Plt. Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Laksma Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H. yang mewakili Bakamla RI, dengan Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M. selaku Bupati Pemkab Nunukan. Turut menyaksikan pula perwakilan dari PT XL Axiata, sebagai Mitra Bakamla RI.

Adapun ruang lingkup dalam kesepakatan bersama ini meliputi pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan kamlamla, pemberdayaan masyarakat pesisir untuk peningkatan kamlamla, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang kamlamla. Selanjutnya, dalam perjanjian kerja sama meliputi pembentukan desa untuk dapat menjadi Pilot Project desa maritime, dan pemberdayaan desa maritime yang sudah dibentuk. 

Desa Balansiku menjadi desa maritime ke-4 binaan Bakamla RI/IDNCG yang ditetapkan melalui Keputusan Bupati Nunukan Nomor 188.45/379/VI/2019 tanggal 14 Juni 2019. Desa Balansiku menjadi desa maritim Bakamla RI dikarenakan potensi dari masyarakat di desa tersebut akan membantu tugas dan fungsi Bakamla RI/IDNCG. Adapun tiga desa maritime lain binaan Bakamla RI adalah Desa Panimbangjaya di Kab. Pandeglang, Desa Kuala di Kab. Sambas, dan Desa Cemaga di Kab. Natuna.

Acara penandatanganan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Fasilitasi Kerja Sama pembentukan Desa Maritim yang dipimpin oleh Laksma Dade, beserta Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Kolonel Bakamla Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M., Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan Dan Keselamatan Laut Kolonel Bakamla Haris Suntojaya, Kasi Kerja Sama Lembaga Pemerintah Mayor Bakamla Ahmad Firdaus, S.IP., M.Si, Kasi Kerja Sama Non Pemerintah Mayor Bakamla Ariana Listyawati, S.Pd. Dan Staf Direktorat Kerja Sama.(A/Humas Bakamla RI)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama