BREAKING NEWS

Terima Ketua Parlemen Singapura, Bamsoet: Stabilitas Politik Di Indonesia Makin Kondusif

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menekankan stabilitas politik Indonesia yang kini relatif stabil dan kondusif...

Nelson Pomalingo Dari Desa Merangkai Asa


Oleh : Nurhadi Taha
(Pegiat Literasi)

Siapa Deklator Propinsi Gorontalo ???  Orang semua pasti menjawabnya Nelson Pomalingo. Ya, dia adalah sosok yang tak berhenti denyut nadinya untuk  selalu berjuang untuk Rakyat, sosok Intelektual yang tumbuh karena semangatnya membangun, Berpetualang, dan Tak puas dengan satu keberhasilan yang di gapainya ia terus berjalan dengan gagasan dan Visi Besarnya, di banyak kesempatan ia banyak memberi pencerahan karena latar belakangnya sebagai sosok Guru juga Dosen di Universitas, hal yang tampak Biasa dalam dunia akademik , tetapi ternyata merubah Sesuatu tak Cukup jadi pintar tapi harus jadi orang yang punya Kekuasaan  agar semua persoalaan bisa di selelsaikan dengan cepat.

Di beberapa pertemuan saya dengan beliau di  5 tahun lalu, gagasan dan pikirannya dituangkan dalam bentuk karya buku yang saat itu saya memberi Judul Dari Desa Merangkai Asa ada gagasan pikiran Nelson yang Briliant bahwa Membangun Bangsa Harus di Mulai dari Desa , salah satu hal yang ia Lakukan adalah dengan memprogramkan sadu sasa " Satu Dusun satu Sarjana " maka Program ini dengan sendirinya akan meningkatkan SDM Gorontalo Bisa Maju , ide ini di Kolabarisakan di Era Fadel Muhamad dan Gusnar Ismail pada Zaman ini Lahir satu Program TPSDM beasiswa bagi Mahasiswa Gorontalo Rantau dan Mahasiswa Lokal yang ada Di Gorontalo maka beberapa Tahun Kemudian Gorontalo Sudah punya SDM yang memadai.

Pada prespektif Pemuda Nelson punya perbandingan Bahwa Pemuda Desa Karateristiknya sangat jauh pada sisi Kultur dengan pemuda Modern Bahwa Di Desa Pemudanya punya Semangat Soliditas yang kuat, Selian itu Di Desa Pemudanya punya banyak Talenta dan pastinya Semangat mereka Melebihi semangat masyarakat di Pusat Kota yang presfektif lainnya Individualis dan tentu persaingan dengan banyak irisannya.

Bagi Nelson Pemuda Desa Banyak Hal yang bisa di lakukan  di antaranya Di Desa Pasti banyak Sumber Daya Alam Yang bisa di olah menjadi lumbung usaha bagi pemuda, Selain itu pemuda Desa Etos Kerja dan Semangat Gotong Royong masih terpelihara sehingga dalam menyelesaikan permasalahan pasti Cepat untuk di selesaikan .

Ide dan gagasan lainnya bahwa desa adalah Barong meter dari adanya majunya suatu bangsa karena di Desa semua hal ada di desa , ketahanan pangan sumbernya di desa ada ribuan petani dan peternak pasti ada di desa.

Gagasan ini lahir karena Nelson adalah Anak Desa ia Banyak Mimpi untuk memajukan Desa , Tak Heran Bila di Eranya ada Program Nomaden .

Program Nomaden. Seperti diketahui, nomaden merupakan cara hidup berpindah-pindah yang banyak dilakukan pada zaman dahulu.

Pola inilah yang diterapkan oleh Bupati Nelson Pomalingo (NP) agar bisa lebih dekat dengan masyarakat di Kabupaten Gorontalo. Akan tetapi, nomaden yang dimaksud Nelson Pomalingo di sini bukan hidup berpindah-pindah, melainkan melakukan pelayanan berpindah-pindah. Program Nomaden ini pun kemudian menjadi singkatan dari ‘Nelson Masuk Desa’.

Semoga Mimpi dan Gagasan ini akan melahirkan berbagai Kemajuan bagi Rakyat Kabupaten Gorontalo dan Doakan Nelson Selalu berpikir yajg terbaik bagi Rakyat Bangsa Dan Negara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nelson Pomalingo Dari Desa Merangkai Asa"

Posting Komentar