Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Tunggu Tubang Culture Festival 2019 Upaya Pelestarian Adat Semendo


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Kegiatan budaya Tunggu Tubang Culture Festival 2019 dalam rangkaian Colorful Muara Enim, digelar di lapangan Merdeka Kabupaten Muara Enim Sumsel, Rabu (30/10/2019).

Kegiatan ini dalam upaya pelestarian budaya Muara Enim agar tetap dilaksanakan oleh generasi mendatang.

Acara Tunggu Tubang Culture Festival ini dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Plt Bupati H Juarsah SH,  Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Kepala Forkopinda, Kepala OPD para Camat Kecamatan dan Tim Penggerak PKK kabupaten dan PkK kecamatan dalam Kabupaten Muara Enim, serta undangan dari luar kabupaten lainnya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyampaikan bahwa Festival  Colorful Tunggu Tubang  yang mengangkat kearipan lokal adalah salah satu upaya memperkenalkan kebudayaan adat istiadat yang ada di Sumsel ke kancah nasional.


Dikatakannya, Tunggu Tubang merupakan adat istiadat daerah Semendo Raya terdiri dari Semendo Darat Laut SDL, Semendo Darat Tengah SDT dan Semendo Darat Ulu SDU.

Festival ini diawali dengan prosesi pernikahan. Diiringi pula dengan perlengkapan pernikahan hingga berlangsungnya pernikahan tersebut.

"Setelah berumah tangga dan memiliki anak utamanya perempuan, maka barulah diterapkan maksud Tunggu Tubang tersebut berikut berbagai persyaratannya," pungkasnya (Agus v)

Posting Komentar untuk "Tunggu Tubang Culture Festival 2019 Upaya Pelestarian Adat Semendo"