Jaringan Pipa Putus Diterjang Longsor, PDAM Purwakarta Fungsikan Jaringan Pipa Lama Amankan Pasokan Air Ke Pelanggan


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Hujan deras dengan eksistensitas yang tinggi yang terjadi di awal tahun 2020 membuat jebolnya tanggul Irigasi yang berada di jalan tembusan TegalMunjul - Pasawahan tepatnya di Kampung Tegal Junti Kelurahan Tegalmunjul Kec.Purwakarta Kab.Purwakarta

Akibat jebolnya tanggul irigasi tersebut berimbas pada putusnya pipa saluran air PDAM Purwakarta yang membuat pelanggan PDAM jaringan pipa di wilayah Tegal Munjul, Munjul Jaya, Citalang, Cimaung dan daerah sekitarnya di kecamatan Purwakarta mengalami gangguan pasokan air bersih. Untuk mengatasi hal ini agar pasokan air tetap tidak terkendala dan lancar untuk konsumen, PDAM memfungsikan kembali jaringan pipa lama

Hal ini diungkapkan Direktur Teknik PDAM Purwakarta, Susanto kepada Awak media , Senin (13/1/2020).

Ia mengatakan, akibat jebolnya tanggul irigasi di Kelurahan Tegal Munjul Purwakarta, pipa distribusi air milik PDAM ikut terputus.

"Upaya kami pasca putusnya pipa saluran air PDAM, jaringan pipa lama kami fungsikan kembali untuk sementara, agar pasokan air ke pelanggan PDAM tetap mengalir," jelasnya.

Ia menyebutkan pelanggan yang terkena dampak gangguan pasokan air PDAM terjadi di wilayah Tegal Munjul, Munjul Jaya, Citalang, Cimaung dan daerah sekitarnya di kecamatan Purwakarta kota.

Debit air yang mengalir ke pelanggan jelas menurun drastis, karena pipa saluran yang normal terputus

Menurut Susanto, prinsipnya untuk mengembalikan ke kondisi semula perlu waktu dan proses. PDAM terus berupaya tahap demi tahap, dan sudah pada taraf pematangan desain, tinggal tahap penyiapan anggaran dan pelaksanaan.

"Perbaikan jembatan pipa disesuaikan dengan pekerjaan perbaikan gorong gorong yang dilakukan oleh pihak PJT II. Lokasi jembatan pipa yang dibangun akan digeser dari posisi semula," terang dia.

Ia mengakui pihaknya terus berkerja keras agar pasokan air PDAM ke pelanggan dapat disalurkan, meskipun tidak seperti dalam kondisi normal. "Ya, kita berupaya maksimal bekerja siang dan malam. Agar para pelanggan tetap mendapatkan pasokan air, selain itu kita juga menyediakan dan mendistribusikan air PDAM dalam tangki kepada para pelanggan," ujarnya.

Salah seorang pelanggan PDAM Purwakarta di wilayah Munjul Jaya, Anggi mengungkapkan aliran air PDAM ke rumahnya mengalami gangguan sejak awal tahun 2020 ini. "Sejak awal tahun pasokan air kerumah saya terganggu, airnya hanya mengalir sedikit. Kita sudah tahu kalau ada gangguan pasokan air PDAM. Informasi pemberitahuan sudah ada. Meski mengalirnya sedikit tapi cukuplah, bantuan air pakai mobil tangki datangnya juga rutin," ungkap Anggi.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama