Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 

Mencegah Penumpukan, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas LH Purwakarta Imbau Masyarakat Buang Sampah Sebelum Mobil Pengangkut Beroperasi


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Masih banyak masyarakat yang membuang sampah di sembarang tempat dan bahkan dengan waktu yang tidak tepat. Untuk itu Pemkab Purwakarta melalui Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama menyamakan persepsi dan menguatkan komitmen dalam hal menjaga lingkungan dari ancaman tumpukan sampah.

Hal ini diungkapkan Kabid Pengelolaan Sampah Dinas Lingkuhan Hidup Kabupaten Purwakarta, Acep Yulimulya kepada sejumlah Awak Media di Kantor Dinas Lingkungan hidup Senin (09/03/2020).

Ia mengatakan, dalam pengelolaan sampah seluruh elemen dan stakeholder harus terlibat tanpa terkecuali. Tak bisa hanya mengandalkan pemerintah saja.

"Menyelamatkan lingkungan harus menjadi bagian dari komitmen bersama,” ujar Acep.

Acep juga menjelaskan, dia sering melihat tumpukan sampah di gang-gang yang ada di pinggir jalan padahal mobil pengangkut sampah sudah beroperasi mengangkut sampah dari mulai jam 5 sampai jam 7 pagi.


"Kalau saja masyarakat bisa membuang sampah sebelum armada pengangkut beroperasi, mungkin pemandangan sampah yang berserakan di sisi jalan tidak akan terlihat," jelas Acep.

Lebih jauh Acep Yulimulya memaparkan, pihaknya terus mengadakan sosialisasi agar masyarakat tergugah dan sadar akan dampak negatif untuk kesehatan dari tumpukan sampah ini.

"Bahkan kami juga terus menghimbau masyarakat agar buang sampah jangan lewat waktu operasional armada sampah. Karena dipastikan tidak akan terangkut untuk dibuang ke TPS. Harusnya sebelum jam 7 pagi, sehingga jalur-jalur gang pinggir jalan sudah bersih dari tumpukan sampah," papar Acep.

Kabid Pengelolaan Sampah juga menambahkan, pihaknya bukan hanya berbicara soal estetikanya saja, tapi kenyamanan, kebersihan dan keindahan.

"Kebersihan lingkungan harus dibuat oleh kita sendiri. ‎Kalau lingkungannya bersih, dipastikan akan jauh dari sumber penyakit dengan begitu masyarakat harus lebih peka jangan sampai membiarkan lingkungannya terlihat kotor‎," pungkas Acep.(A.Budiman).

Posting Komentar untuk "Mencegah Penumpukan, Kabid Pengelolaan Sampah Dinas LH Purwakarta Imbau Masyarakat Buang Sampah Sebelum Mobil Pengangkut Beroperasi"