Fory Naway Pimpin Rakor Program Penanganan Covid-19 Via Video Conference


LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Kabupaten Gorontalo menggelar rapat koordinasi (Rakor), terkait percepatan penanganan Virus Corona atau Covid -19, Rabu (08/04/2020). 

Rakor dipimpin langsung Ketua TP-PKK Dr. Fory Naway dan diikuti oleh ketua-ketua PKK Kecamatan se Kabupaten Gorontalo. Menariknya, dalam rangka menghindari penyebaran virus corona rapat itu dilaksanakan Via Video Conference.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam rakor itu, di antaranya,  peran PKK dalam menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat dan himbauan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo terkait percepatan penanganan penyebaran virus corona di wilayah masing-masing.

“PKK Kabupaten Gorontalo dalam rangka memutuskan rantai penyebaran covid-19, telah mencanangkan di setiap kecamatan dan desa untuk melakukan gerakan penanaman tanaman obat keluarga (Toga), di antaranya, tomulawak, jahe merah dan putih, kunyit dan serei. Gerakan ini telah dimulai dari kecamatan Limboto dan Limboto Barat di lokasi pekarangan kelompok dasa wisma,” ungkap Fory Naway dalam rapat itu.

Selain gerakan menanam Toga, dirinya pun telah menginstrusikan kepada seluruh ketua PKK desa dan kecamatan untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

Ketua-ketua PKK desa harus rajin mensosialisasikan protokol kesehatan kepada warga. “Edukasi minimal protokol kesehatan itu dimulai dari lingkungan keluarga, di kantor sekertariat PKK, kantor pemerintahan, rumah – rumah warga hingga di sekolah-sekola TK dan PAUD, karena bunda PAUD desa dan kecamatan itu melekatnya di ketua-ketua PKK desa dan kecamatan, ” imbuh Fory Naway.

Dirinya menyebutkan, edukasi protokol kesehatan kepada warga itu, di antaranya membiasakan cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menyiapkan hand sanitasion,olah raga teratur,gunakan masker setiap saat,perbanyak komsumsi makanan bergizi,hindari jabat tangan atau fisik.

Ia pun menghimbau terus menggalakan  gerakan tanam obat keluarga, lingkungan selalu bersih, lebih banyak beribadah, tetap tenang dan jangan panik serta selalu  ikhtiar dan waspada.

Istri Bupati Gorontalo itu pun menuturkan, rakor itu juga membahas persiapan ibadah suci ramadhan. Diharapkan kepada ketua-ketua PKK dan desa serta dasa wisma untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

“Walaupun dalam keadaan virus corona namun ibadah tetap dilaksanakan sesuai perintah Allah SWT dan tentunya memperhatikan himbauan-himbauan pemerintah. Tadarus al-quran tetap dilaksanakan di rumah –rumah, kegiatan –kegiatan agama lainnya tetap mengacu pada himbauan pemerintah selama kondisi daerah dan negara belim pulih dari pendemi virus corona,” Jelasnya.

Di akhir rapat itu, Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu menyampaikan beberapa agenda program PKK yang masih ditunda, diantaranya program Bimtek SIM, jumbara PKK, jumbara lansia, jumbara PPKBD dan sub serta agenda lainnya. “Kegiatan ini tetap dilaksanakan akan tetapi menunggu situasi pulih kembali dari penyebaran virus corona atau covid-19,” tandasnya.

Terlihat dalam video Conference, ketua-ketua PKK Kecamatan se Kabupaten Gorontalo melaporkaan berbagai program penanganan covid-19 di wilayah masing-masing yang sudah dilaksanakan. (Ar/Ir)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama