Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Gubernur NA Akan Hadirkan Listrik 24 Jam Dan Air Bersih Di Pulau Lanjukang




MAKASSSAR (wartamerdeka.info) -  Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah dan Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudy Djamaluddin, melakukan kunjungan ke Pulau Lanjukang, Makassar, Sabtu (26/9) siang. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka penataan Kawasan Pulau Lanjukang sebagai percontohan pulau wisata di Kota Makassar. Hadir juga pihak dari Telkomsel, PLN dan Pertamina. 

Gubernur mengatakan, Pulau Lanjukang yang indah perlu untuk ditata sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

"Maksud dan tujuan kita di sini, pertama melihat persoalan yang ada di pulau. Pulau Lanjukang ini adalah pulau yang indah. Kita sangat tertarik untuk menata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pulau," kata Nurdin Abdullah.

Kedepan, kata Gubernur, pemerintah berkolaborasi menghadirkan listrik 24 jam, air bersih, sistem tranportasi, dan jaringan telekomunikasi. Masyarakat akan diberdayakan dan dilibatkan untuk melakukan pengelolaan, dengan terlebih dahulu dilakukan pelatihan, sehingga masyarakat memiliki keterampilan.

Ia berharap, tujuh pulau di Kota Makassar ini bisa dibangun jaringan listrik, termasuk jaringan listrik bawah laut.

"Jika jaringan listrik bisa kita hidupkan, maka banyak usaha-usaha bisa berkembang," imbuhnya.

Adapun rencana pembangunan infrastruktur dan fasilitas di pulau ini antara lain, tambatan perahu, pusat informasi, pelataran UKM portabel, ruang komunal, jalan 1,5 km keliling pulau, resort 20 buah, gazebo 50 buah, sport center, kebun warga, lapangan, fasilitas air siap minum (arsinum), genset, ruang produksi warga, dua toilet, Sekolah Jantung Inspirasi, instalasi pengelolaan air bersih (IPA), lampu pedesterian (jalan) 100 titik. 

Untuk tahun 2020, Dinas PU Kota Makassar akan membangun dermaga, jalan lingkungan 1,5 km dengan lebar 3 meter, lampu jalan 25 dan gazebo. Dengan total Anggaran untuk tahun ini Rp 4,2 miliar. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan bedah rumah warga.

Penjabat Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin, mengatakan, penataan kawasan pulau ini sebagai percontohan pulau wisata merupakan kolaborasi pemerintah. 

"Tentu kita mengucapkan syukur atas inisiasi tersebut. Ini merupakan inisiasi gubernur untuk memperhatikan masyarakat-masyarakat pulau yang memang kalau kita lihat selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah," ujarnya.  

Sementara Manager PLN P3 Makassar Selatan, Raditya Hari Nugraha menuturkan, dukungan Telkomsel dengan membangun tower BTS, agar masyarakat Lanjukang dan sekitarnya dapat menikmati sinyal telepon selular. Sedangkan PLN akan menghadirkan jaringan listrik untuk digunakan warga serta mendukung suplai listrik tower yang akan dibangun.

"Kami dari PLN khususnya Makassar, siap mendukung dari apa yang memang sudah direncanakan. Dan pada saat waktunya, genset akan hadir di sini dan Insyaallahnya jaringan dari PLN siap mendukung juga, sehingga masyarakat bisa lebih nyaman dalam kondisi ke depan," ungkap Raditya.

Sementara, Manager Communication and CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, pihak Pertamina mendukung sektor UMKM dan juga pendidikan masyarakat pulau. 

"Kami melihat potensi Lanjukang luar biasa, kami siap mendukung sektor UMKM dan pendidikan. Survei pertama kami memang banyak yang perlu dibenahi," kata Laode. (A)

Posting Komentar untuk "Gubernur NA Akan Hadirkan Listrik 24 Jam Dan Air Bersih Di Pulau Lanjukang"