Isolasi Darurat Dipusatkan Di Eks-SMPN 3 Purbalingga


PURBALINGGA (wartamerdeka.info) – Gedung Eks SMP Negeri 3 Purbalingga dipastikan segera digunakan sebagai gedung isolasi darurat penanganan Covid-19. 

Gedung ini akan menampung dan menggabungkan pasien positif Covid-19 yang saat ini menempati gedung isolasi darurat di Puskesmas Gambarsari dan Gedung Korpri Kabupaten Purbalingga.

“Mudah-mudahan dengan isolasi yang disentralkan ke gedung eks SMPN 3 Purbalingga ini bisa memudahkan tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk mengawasi pasien secara ketat,” kata Pjs Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana SH MSi saat meninjau kesiapan gedung tersebut, Selasa (24/11/2020).

Ia memastikan Rabu (24/11) gedung eks-SMPN 3 Purbalingga ini sudah siap digunakan dan dilengkapi segala sarana dan prasaranannya. 

Ketika sudah digunakan otomatis gedung isolasi darurat di Puskesmas Gambarsari dan gedung Korpri akan dikosongkan kembali beralih ke gedung yang berada di pusat kota ini.

“Manakala jumlah pasien positif covid-19 melonjak kembali dan membutuhkan ruang isolasi lagi, maka gedung Korpri dan Puskesmas Gambarsari akan digunakan kembali,” ungkapnya.  

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono MPPM menjelaskan, sarana dan prasarana termasuk tenaga kesehatan sudah disediakan. 

“Rencanannya kami kesehariannya akan memberdayakan tenaga kesehatan dari 11 puskesmas rawat inap yang ada untuk perbantukan di sini,” tuturnya.

Seperti yang diketahui, pasien positif Covid-19 Kabupaten Purbalingga yang saat ini dirawat di tempat isolasi darurat Puskesmas Gambarsari terdapat 8 orang dan 23 orang di gedung Korpri. Sementara gedung eks-SMPN 3 Purbalingga ini diperkirakan mampu menampung sebanyak 94 sampai 100 pasien.

“Saat ini ada 477 pasien positif Covid yang membutuhkan perawatan. Ketika di sini bisa menampung, maka lumayan bisa mengurangi beban Rumah Sakit yang sudah penuh,” katanya.

Ia berharap para pasien positif Covid-19 di Purbalingga bisa segera sembuh. Demikian juga mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah atau dalam status Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak mengalami gejala lebih lanjut/berat.(Gn/Humas/gus) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama