Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Dr Ronsen Pasaribu Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum DPP FBBI, Periode 2021-2024

Ketua Umum DPP FBBI Terpilih, Dr. Ronsen Pasaribu, SH, MH (kiri), salam komando dengan Ketua Majelis Persidangan, Danny PH Siagian, SE., MM usai Munas II (06/02/2021)

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dr Ronsen Pasaribu SH MM terpilih kembali sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) yang baru, periode tahun 2021-2024.

Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM terpilih secara aklamasi dalam sesi acara Musyawarah Nasional II FBBI secara virtual dari siang hingga sore (13.00-17.00 WIB), setelah sesi acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) digelar dari pagi hingga siang (08.00-12.00 WIB), pada hari Sabtu, 6 Febuari 2021, di sentral kendali acara, di Kantor Jaya Pos, Utan Kayu, Jakarta Timur. 

Ronsen Pasaribu yang sudah menjabat sebagai Ketua Umum periode 2017-2020 itu, sebelumnya juga terpilih secara aklamasi di Munas I di Cipanas, Puncak, Jawa Barat, 25-26 Februari 2017 lalu, bersama Sekjen, Djalan Sihombing, SH. Adanya bencana Covid 19, membuat tertundanya Rapimnas dan Munas II, yang seyogiyanya dilangsungkan pada 30 Maret 2020 lalu.

Ronsen Pasaribu yang sebelumnya sudah digadang-gadang sebagai Calon Ketua Umum dari para pengurus DPP, DPD hingga DPC itu, akhirnya melenggang mulus menduduki tampuk kepemimpinan FBBI untuk 3 (tiga) tahun kedepan. Tak dapat dipungkiri, bahwa Ronsen Pasaribu yang juga salah satu pendiri FBBI itu, sudah membuktikan perhatian, tenaga dan pikirannya dalam karya-karyanya, sejak FBBI berdiri tahun 2014.  

Di bawah kepemimpinannya, 5 (lima) Dewan Pimpinan Daerah yaitu: DKI Jakarta, Sumut, Sumsel, Riau dan Bali) sudah terbentuk sejak tahun 2015. Demikian juga 13 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yaitu: Serdang Bedagei, Binjai, Kota Medan, Pematang Siantar, Kabupaten Simalungun, Samosir, Tobasa, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan dan Musi Banyuasin, secara berkala terbentuk hingga 2020 lalu. 

Bahkan dalam Laporan Pertanggungjawaban DPP FBBI periode 2017-2020 di sesi acara Munas II, banyak program yang disampaikan antara lain: Pembinaan (Membuka) Kepengurusan Daerah Secara Berkala; Merintis Balai Pustaka Mini di Sigolang dan Samosir; Pembuatan Album “Manggarar Utang Tu Bona Pasogit”; Menggelar Forum Group Discussion (FGD) Tentang Bona Pasogit; Gerakan Gasibu FBBI; Program Pemberdayaan, dengan model bekerjasama dengan kelompok tani dan ternak di Bona Pasogit.  

Diketahui, pada acara Rapimnas dan Munas II terbagi 2 (dua) bagian besar acara yaitu acara Rapimnas yang juga terbagi 2 (dua) sesi acara, dan acara Munas yang terbagi dari 4 (empat) sesi acara. Di bagian acara Rapimnas, terdiri dari sesi acara Seminar Pembekalan, dengan tema: “Upaya Membantu Pemberdayaan SDM dan SDA Bonapasogit, Dalam  Mendukung Perbaikan Ekonomi Rakyat, Pasca Pandemi Covid 19", menampilkan Keynote Speech dan 4 (empat) narasumber. 

Keynote Speech adalah Dr. Ronsen Pasaribu, SH., MM (Ketua Umum DPP FBBI periode 2017-2020), dan 4 (empat) narasumber adalah: Drs. Maruap Siahaan, MBA (Pengusaha/ Ketua Umum Yayasan Pencinta Danau Toba/ YPDT); Sahat Silaban, SE (Pengusaha/Mantan anggota DPR R.I dapil Sumatera Utara); Ir. S.M Tampubolon (Ketua Umum Forum Peduli Bona Pasogit/ Ketua Umum Batak Center) dan Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME (Ketua Dewan Pembina DPP FBBI/ mantan Rektor Universitas Mpu Tantular/Alumni Lemhannas). Setelah itu, masuk pada sesi acara Rapat Pleno Komisi-komisi (A, B dan C), dan Rapat Penetapan Kriteria Calon Ketua Umum dan Perumusan Mekanisme dan Tata-tertib Munas II.

Sedangkan di bagian Acara Munas II terdiri dari 4 (empat) sesi acara yaitu: Membuka Rapat Paripurna Munas II FBBI sekaligus penetapan Majelis Persidangan dan Tata-tertib; Menetapkan Hasil-hasil Pembahasan Komisi-komisi dari Rapimnas yaitu Komisi A: mengenai Anggaran Rumah Tangga (Ketua: Kol. (Purn) Drs. Parlindungan F. Tobing, SE., MM), Komisi B: Organisasi dan Program Kerja (Ketua: Herjon); dan Komisi C: Usaha dan Keuangan (Ketua: Pulo Siregar); Laporan Pertanggungjawaban DPP FBBI periode 2017-2020; dan Pemilihan Ketua Umum DPP FBBI 2021-2024. 

Ada 101 peserta yang mendaftar, dan sebanyak 58 partisipan yang termonitor mengikuti acara. Namun sebagian ternyata ada yang hanya menggunakan satu nama dari laptop, tetapi para peserta itu ada yang terdiri dari 4 (empat) orang di sekretariatnya, seperti di DPC Siantar, yang bergabung dengan pengurus FBBI dari Medan. Demikian juga di beberapa DPD dan DPC lainnya yang bergabung 2-3 orang dalam satu tampilan nama di virtual.

Ketua Steering Commitee Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Musyawarah Nasional (Munas) II FBBI Virtual, dikendalikan oleh Danny PH Siagian, SE., MM di sentral kendali acara, dari pagi hingga sore harinya. Danny Siagian juga sekaligus dipercaya menjadi Ketua Majelis Persidangan (MP), dalam Rapat Paripurna Munas II FBBI, bersama Sekretaris Kol. (Purn) Drs. Parlindungan F. Tobing, SE., MM, dan Dra. Arta Peto Sinamo, Dip. Ed., MA in Ed.

Adapun seluruh anggota Panitia Rapimnas dan Munas II FBBI Virtual yang hanya beranggotakan 15 orang itu, juga sangat mempengaruhi kelancaran acara. Dibawah komando Ketua Panitia, Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom, mereka terlihat kompak dan sudah secara otomatis saling antisipasi dan ingatkan apa-apa saja yang perlu.

Dalam sambutannya usai terpilih, Ronsen Pasaribu mengatakan, kepercayaan yang masih diberikan kepadanya, akan membawa organisasi lebih berdampak khususnya bagi Bona Pasogit (kampung halaman).

“Terimakasih atas kepercayaan yang masih diberikan kepada saya sebagai Ketua Umum. Kiranya saya dan rekan-rekan di struktural DPP nantinya, dapat membawa FBBI menjadi lebih berdampak dan lebih bermanfaat, khususnya bagi Bona Pasogit (kampung halaman)dan masyarakat Batak,” ujarnya. (DANS)

Posting Komentar untuk "Dr Ronsen Pasaribu Terpilih Kembali Sebagai Ketua Umum DPP FBBI, Periode 2021-2024"