Serius Tangani Pandemi, Kodam XII/Tpr Gelar Penataran Pelatih Kader Tracer Covid-19

KUBU RAYA (wartamerdeka.info) - Kepala Staf Kodam (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., membuka Penataran Pelatih Kader Tracer Covid-19 Kodam XII/Tpr TA 2021 di Aula Sudirman, Makodam XII/Tpr. Penataran Pelatih Kader Tracer Covid-19 ini dilaksanakan guna mendukung kebijakan pemerintah terkait penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru.

Penataran Pelatih Kader Tracer Covid-19 diikuti oleh sebanyak 68 prajurit dari satuan jajaran Kodam XII/Tpr yang dipersiapkan untuk nantinya melatih di satuan masing-masing terkait penelusuran kontak terhadap orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama saat acara pembukaan menyampaikan, pelacakan kontak merupakan proses untuk mengidentifikasi, menilai dan mengelola orang-orang yang berkontak erat dengan kasus konfirmasi atau probabel untuk mencegah penularan selanjutnya. Kegiatan ini penting karena kasus   konfirmasi dapat menularkan penyakit   sejak 2 hari sebelum hingga 14 hari sesudah timbulnya gejala.

"Pembentukan Kader Tracer Covid-19 wilayah Kodam XII/Tpr ini merupakan salah satu bentuk nyata keseriusan dalam menangani dan memutus mata rantai Covid-19, karena penelusuran inilah yang menjadi kunci utamanya," ujar Kasdam XII/Tpr membacakan sambutan Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Selanjutnya Kasdam XII/Tpr mengatakan, para peserta penataran nantinya akan di bekali ilmu dan pengetahuan tentang tata cara dan prosedur yang harus  dilaksanakan pada penelusuran kontak kepada orang yang terkonfirmasi Covid-19.

Oleh karena itu, kepada para peserta ditekankan agar benar-benar menggunakan waktu yang ada ini dengan penuh rasa tanggung jawab, memahami setiap materi yang diberikan, menanyakan apabila belum jelas, serta melaksanakan setiap kegiatan dengan mempedomani protokol kesehatan.

Melalui penataran Kader Tracer Covid-19, kata Kasdam XII/Tpr juga  diharapkan dengan dibentuknya Kader ini dapat membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 demi menjadikan wilayah bebas Covid-19 sehingga roda perekonomian masyarakat dapat segera pulih.

"Saya yakin dengan didasari tulus dan ikhlas, semangat pantang menyerah melawan Covid-19, segala upaya yang kita laksanakan ini akan membuahkan hasil sesuai apa yang kita harapkan bersama menuju masyarakat yang produktif dan bebas Covid-19," tutup mantan Waaspam Kasad. (Pendam XII/Tpr)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama