Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


DPRD Setujui Ranperda APBD-P 2021, Fraksi Beri Beberapa Catatan

BARRU (wartamerdeka.info) - Setelah melalui pembahasan panjang dan alot,  Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 akhirnya disetujui dan disahkan Peraturan Daerah. 

Persetujuan dan Pengesahan APBD Perubahan 2021 tersebut dilakukan melalui Rapat Paripurna Tingkat II DPRD Barru,  diruang rapat paripurna DPRD Barru,  Kamis (23/9/2021) 

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Lukman T, didampingi Wakil Ketua I. Drs. H. Kamil Ruddin, Wakil Ketua II,  AFK. Majid, ST. Seluruh Fraksi menyetujui Ranperda tersebut sekaligus memberikan beberapa catatan pelaksanaannya.

Ketua Fraksi Partai Nasdem, Syahrul Ramdani yang membacakan pendapat akhir fraksi-fraksi antara lain mengharapkan bahwa anggaran yang telah disepakati dan dianggarkan tiap-tiap OPD pada Perubahan APBD dapat terealisasi sehingga program yang terbenkalai dapat diselesaikan dengan segera agar tidak terjadi SILPA diakhir tahun. 

Selanjutnya,  anggota Komisi I DPRD itu menekankan agar kondisi fisik sarana dan prasarana atau fasilitas pemerintah yang rusak sebaiknya ditangani sedini mungkin,  jangan menunggu rusak parah karena akan menimbulkan kerugian  yang lebih besar, Baik dari sisi penganggaran maupun kerugian disisi lain. 

Syahrul juga mengingatkan bahwa kontribusi PAD dalam Ranperda APBD-P 2021 masih sangat rendah persentasenya dari total pendapatan. Hal ini menyebabkan ketergantungan APBD kita kepada dana perimbangan dari pemerintah pusat masih tinggi. Oleh karenanya lanjut dia, perlu memaksimalkan sumber PAD seperti peralatan uji kendaraan yang selama ini tidak dimanfaatkan agar bisa fungsikan sehingga bisa menghasilkan PAD. 

"Dewan memaklumi dan mendukung sepenuhnya perubahan anggaran karena menyangkut perkembangan perekonomian dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat Barru, baik dari sisi relegi maupun sisi kesejahteraannya", tandas politisi Partai Nasdem tersebut. 

Sementara Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh mengatakan, proses demi proses pembahasan Ranperda yang telah kita lalui menggambarkan sinergitas yang sangat membanggakan antara pihak eksekutif dengan Legislatif. 

"Dengan disetujuinya Ranperda APBD Perubahan tahun anggaran 2021 tersebut merupakan suatu prestasi yang sangat menggembirakan. Untuk itu pemerintah daerah bertekad walaupun dengan kemampuan keuangan yang terbatas akan kita maksimalkan sehingga semua perencanaan, khususnya yang ada dalam APBD-P dapat kita wujudkan", katanya. 

(syam)

Posting Komentar untuk "DPRD Setujui Ranperda APBD-P 2021, Fraksi Beri Beberapa Catatan"