Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Peringatan Haornas Ke-38, DBON Harapan Baru Olahraga Indonesia

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September, tahun 2021  dilaksanakan masih secara virtual. Peringatan Haornas ke-38 tahun ini, bertema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Bertepatan dengan kegiatan ini, Presiden RI Joko Widodo menandatangani Perpres No. 8 Tahun 2021 tentang DBON (Desai Besar Olahraga Nasional), yang merupakan penanda lahirnya harapan baru untuk prestasi olahraga Indonesia.

Berbagai catatan prestasi olahraga membanggakan telah dicetak Indonesia dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo tahun 2020. Menurut  catatan prestasi tersebut dapat menjadi inspirasi dan pemacu bagi lahirnya olahraga Indonesia yang lebih gemilang di tahun-tahun selanjutnya.

“Prestasi olahraga harus kita tingkatkan. Prestasi dihasilkan dari proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan. Kita harus fokus bekerja mencetak talenta hebat di bidang olahraga, agar lahir semakin banyak atlet unggul berprestasi,” ucap Presiden Jokowi.

Dia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi menciptakan ekosistem olahraga yang semakin modern, menyelenggarakan kompetisi olahraga secara sehat, serta memacu prestasi. Hal tersebut guna menemukan talenta-talenta unggul sejak dini, sehingga menjadi fondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia.

Ditambahkan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali,  tidak ada prestasi yang diperoleh secara instan, dibutuhkan pembinaan jangka panjang, terencana, terstruktur, dan berkesinambungan. 

“Kita tidak boleh lagi mendapatkan prestasi by accident. Prestasi itu harus dicetak, atau dengan kata lain harus by design. Sehingga harus mempunyai rujukan yang jelas, dengan ukuran yang pasti, serta bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi. Disinilah diperlukan DBON,” tambahnya.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, dan Wakil Bupati Abdul Rouf, bersama Plt. Kepala Dispora Lamongan Edy Yunan Achmadi turut serta mengikuti acara peringatan Haornas ke-38 secara virtual melalui zoom meeting, Kamis (9/9), di Ruang Command Center Sekretariat Daerah Lamongan. Pada kesempatan tersebuit, Pak Yes  juga memberikan penghargaan kepada insan olahraga.

Penghargaan insan olahraga tersebut diberikan kepada Kacung Setiawan (peraih medali emas Lown Bowl ASEAN Games tahun 2018), Ananda Rigy Aditya (peraih medali emas prakualisi PON Serang Banten MX 125cc tahun 2019), Ahmad Zahroni (peraih medali emas kejuaraan Catur pekan Paralympic Jatim tahun 2021), Marcellino Rigy (juara nasional Motocross 65cc tahun 2018), dan H. Soetomo (tokoh masyarakat pendiri Lamongan Sadang MHS). (Mas)

Posting Komentar untuk "Peringatan Haornas Ke-38, DBON Harapan Baru Olahraga Indonesia"