Tutup Festival Bupati To Berru, Sekda Abustan Minta Model Quintple Helix Untuk Dikolaborasikan

BARRU (wartamerdeka.info) - Penutupan kegiatan Festival Budaya To Berru Ke-10 berlangsung secara blended, melalui jaringan youtube dan secara langsung di Pulau Dutungan, Mallusetasi  Kabupaten Barru, Kamis (23/9/2021).

Sekretaris Daerah Barru Dr. Ir. Abustan AB M.Si yang hadir mewakili Pemda Barru, nampak gembira dengan kegiatan yang telah berlangsung selama 3 hari dan mengusung tema "Jalur Rempah Nusantara".

Pulau Dutungan yang disulap menjadi wahana pentas budaya level nasional, memantik perhatian Pemda Barru untuk terus mengawinkan lokasi pariwisata seperti Pulau Dutungan jadi tempat pementasan bagi para penggiat seni budaya.

"Kita berharap nanti tiap malam minggu, setiap Sanggar Seni maupun Teater manggung disini, tentu itu harus bikin kontrak, karena hampir semua Daerah yang maju, ada mutualisme simbiosis (hubungan yang saling menguntungkan) antara penggiat seni dengan pemilik resort atau tempat wisata seperti ini" sebut Dr. Abustan yang menyebutkan bahwa festival budaya tidak hanya kreasi namun juga ke pendalaman nilai-nilai yang ada.

Dalam pandangannya, Doktor di bidang perencanaan wilayah ini memprediksi 2024, Kereta Api Makassar Barru akan Operasional, sehingga peluang kunjungan ke tempat wisata dan hiburan yang ada di Barru, akan melonjak tinggi dan mulai saat ini idealnya diantisipasi.

"Kereta yang ada sudah operasional Tonasa Pangkep-Pelabuhan (Garongkong) Barru dan 2024 dari Makassar, daripada lari ke Malino, Kalau itu yang ada, maka bagaimana menampilkan kreasi baru dengan budaya yang ada di Sulawesi Selatan," sebutnya seraya menegaskan bahwa potensi Budaya dan kreatifitas pemuda Barru harus diarahkan pengembangannya ke ruang ekonomi bisnis dibidang pariwisata, tentunya dengan pelibatan dunia usaha untuk kolaborasi.

Tak lupa, Sekda Abustan sebelum menutup rangkaian kegiatan Festival Budaya To Berru Ke-10 ini, mengajak semua yang mendengarkan baik secara langsung di Pulau Dutungan maupun melalui Channel YouTube Kebudayaan Disdik Barru, untuk sukseskan program Vaksinasi Covid-19 serta menyampaikan ungkapan terima kasih kepada pihak yang terlibat dalam sukses FTB ke X Tahun 2021 ini.

"Mewakili Pemda dan Masyarakat Barru, kami berterima kasih kepada pihak pemilik Pulau Dutungan, kami sampaikan permohonan maaf jika ada kekurangan, dan insya Allah ditangan dingin Kadis Pendidikan, ke depan Festival Budaya To Berru akan lebih berkembang," sebutnya kemudian menutup rangkaian kegiatan dengan mengucapkan Hamdalah.

Kegiatan ini juga menetapkan Duta Budaya 2021, Komposer dan Koreografer, disertai penyerahan tropy dan apresiasi dari Pemda.

(Hms/syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama