Bamsoet Donasikan Enam Bulan Gaji Ketua MPR RI Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendonasikan 6 bulan gajinya sebagai Ketua MPR RI mulai Desember 2021 hingga 6 bulan ke depan untuk membantu saudara sebangsa yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sekaligus melepas para Relawan Empat Pilar MPR RI, GERAK BS, Rescue IMI DKI Jakarta, Pemuda Pancasila, Indian Motorcycle, IMI Mobility Bidang Sosial, GAKESLAB DKI Jakarta, dan Majelis Taklim Baitul Shalihin yang akan berangkat dari Jakarta menuju Kabupaten Lumajang guna menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru. 

"Saya juga mengajak para kolega di MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI, untuk terus terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru, tanpa melihat daerah pemilihan, suku, agama, ras, golongan, maupun partai politik. Duka korban erupsi Gunung Semeru merupakan duka kita bersama. Jangan biarkan mereka menghadapinya sendirian. Selain peran dari pemerintah pusat dan daerah, dukungan dari masyarakat sipil lainnya juga sangat diperlukan melalui penyaluran berbagai bantuan sosial," ujar Bamsoet usai melepas para relawan, di Kantor IMI Pusat, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum & Keamanan DPR RI ini menjelaskan, sesuai himbauan BNPB, sesampainya di Kabupaten Lumajang, para relawan terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan Posko setempat. Sehingga penyaluran berbagai bantuan baik dari segi sumber daya personil, peralatan, hingga bantuan logistik, dapat berjalan secara optimal dan efektif. Sekaligus menekankan keamanan dan keselamatan para relawan selama berada di lapangan.

"Relawan akan menyalurkan berbagai bantuan sosial dari donasi yang terkumpul. Antara lain berupa sembako, masker, selimut, termometer, karpet, matras, pembalut, pampers, pakaian, jas hujan, senter, makanan bayi, susu, gula, kopi, hingga peralatan mandi. Bantuan sosial ini diharapkan dapat melengkapi berbagai bantuan yang telah dikirimkan oleh BNPB, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lumajang, Palang Merah Indonesia (PMI), dan berbagai pihak lainnya," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengapresiasi langkah cepat BNPB, seiring dengan penanganan tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru yang sedang berjalan, secara paralel juga akan mempersiapkan penanganan pasca bencana bagi warga yang terdampak. BNPB akan memberikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan sedang hingga berat akibat tertimbun abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru.

"BNPB akan membangun kembali rumah warga yang rusak. Selagi menunggu dibangun, BNPB akan berikan dana tunggu kepada warga yang terdampak untuk menyewa rumah sementara selama 6 bulan. Rencana pembangunan saat ini masih menunggu perizinan untuk penggunaan lahan dari pemerintah daerah. Kita harapkan prosesnya tidak memakan waktu lama," pungkas Bamsoet. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama