Para Mahasiswa KKN Universitas Mpu Tantular T.A 2021/ 2022 Tersebar ke Beberapa Wilayah

Foto: Pelepasan para mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Arsitek, Universitas Mpu Tantular ke Nagrak, Bogoroleh Dekan Fak. Teknik, Ketua LPPM dan Dosen pendamping KKN, di lobby kampus  (16/01/2022)


Jakarta, wartamerdeka.info

Para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Tahun Akademik (T.A) 2021/2022, Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mpu Tantular (UMT), Jakarta Timur, tersebar di beberapa wilayah. 

Wilayah-wilayah tersebut yaitu, Jakarta Timur di daerah Duren Sawit dan Pondok Bambu. Sedangkan wilayah lainnya adalah di Provinsi Jawa Barat, yaitu kabupaten Bogor dan kabupaten Kuningan.  

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mpu Tantular, Dr. (Cand) Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, M.M, M.T, M.H, IICD, CST, yang sekaligus Dosen Pengampu mata kuliah KKN FT dan Fikom mengatakan, KKN T.A 2021/ 2022 Semester Ganjil ini telah dimulai sejak 13 Januari 2022 lalu.

“KKN FT dan Fikom Tahun Ajaran 2021/ 2022 pada Semester Ganjil ini telah dimulai sejak 13 Januari 2022 lalu. Dan sebelumnya setiap mahasiswa sudah diberikan pembekalan melalui kuliah,” ujarnya menjawab pertanyaan media di Jakarta, Selasa (14/02/2022).

Menurut Edison Hatoguan Manurung, pelaksanaan KKN Mandiri semester ganjil  merupakan kolaborasi dari tematik yang mengusung tema motivasi warga  untuk hidup sehat. 

“Pelaksanaan KKN Mandiri ini merupakan kolaborasi dari tematik yang mengusung tema motivasi warga  untuk hidup sehat pemanfaatan teknologi berbasis daring menuju desa wisata dan penggunaan media sosial dan teknologi yang efektif di desa,” jelasnya. 

Foto: Pelepasan Peserta KKN Fikom, via zoom meeting oleh Warek Akademik, dan Dekan Fikom

Sementara itu, Rektor Universitas Mpu Tantular Prof. Dr. Sukrisno Agoes, SE, AK, MM, CPA, CA yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Drs. H. Bambang Rismadi M.Si., Ak., CA saat pelepasan mahasiswa Fikom untuk KKN via Zoom, 13 Februari 2022 lalu mengatakan, pelaksanaan KKN mandiri ini sebagai ajang perubahan dan pembelajaran di tengah masyarakat.

“Mahasiswa telah berkolaborasi dengan masyarakat untuk suatu pembelajaran kehidupan,” ujarnya, 

Dari pelaksanaan yang dilakukan di 4 (empat) lokasi yaitu di desa Nagrak, Bogor; di SMKN 3 Budi Murni Duren Sawit; di RT02/ RW 01 kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur; di desa Sembawa, kecamatan Jagalaksana, kabupaten Kuningan Jawa Barat, Edison Hatoguan Manurung mengatakan segera menerbitkan book chapter.

“Sebagai out put dari pelaksanaan KKN Mandiri ini, kita menerbitkan book chapter yang ber-ISBN dan HAKI,” tandasnya.

Dikatakan Edison, Kepala Desa Nagrak Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Prov. Jawa Barat H. Eman Sulaiman yang diwakili Sekdes, Ulum Sarbini, mengucapkan terima kasih karena mahasiswa KKN ke desanya. Sekdes menyebutkan, kendati pandemi Covid-19 penuh keterbatasan, tapi tetap terlaksana dengan baik.

Adapun Kepala Sekolah SMKN Budi Murni 3 Duren Sawit, N. Supartini, S.Kom mengatakan, walau masih satu atap (Yayasan-red), tapi baru pertama kali mahasiswa Universitas Mpu Tantular melaksanakan KKN di sekolah tersebut.

“Harapan kami di tahun-tahun berikutnya, mahasiswa Universitas Mpu Tantular agar dapat menunaikan KKN di sekolah ini,” ucapnya.

Foto: Ketua LPPM UMT (kanan) dan Kepala Desa Pondok Bambu, Jaktim (kiri)


Sementara Kepala Desa di Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Asianti Yasmuarsih, M.KM di RT 02/ RW 01, sangat berterimakasih atas sumbangsih mahasiswa KKN yang di utus Universitas Mpu Tantular. Dan pada saat serah terima plang dan perangkat kebersihan, turut dihadiri Nur Safari, Ketua RT 02, Drs. Edi Suwito, Ketua RW 01, dan Kasudin Lingkungan Hidup, Wahyudi Rudianto.

“Kami berharap agar pelaksanaan KKN untuk tahun berikutnya, tetap dilaksanakan di desa kami,” harap Asianti.

Foto: Peserta KKN Teknik Industri dan Informatika foto bersama dengan Kepala Sekolah, perwakilan Dosen dan Dosen Pengampu

Sebelumnya, saat melepas mahasiswa ke Nagrak Bogor, 16 Januari 2022, Dekan Fakultas Teknik Ir. Retno Indriyati K, MM mengatakan mahasiswa merupakan agen perubahan di tengah masyarakat.

Adapun Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Ratih Kurnia Hidayati, S.I.Kom., M.Si berpesan agar para mahasiswa KKN Mandiri yang diberangkatkan ke desa Sembawa tetap menjaga nama baik almamater.

“Para mahasiswa KKN, agar tetap menjaga nama baik almamater. Perlu adanya evaluasi terkait kebutuhan masyarakat dan kinerja mahasiswa KKN di lapangan. Semoga kedepannya kita mampu mempersiapkan pelaksanaan KKN yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Dalam program KKN ini, para Dosen yang ikut mendampingi peserta KKN Mandiri sekaligus perwakilan Dosen dari setiap Program Studi (Prodi) yaitu: Mubarock, ST, MT (Prodi Teknik Sipil); Sri (Dosen Teknik Arsitektur); Hansen (Dosen Prodi Teknik Informatika); Ir. Kasimir Sawito, MSi (Kaprodi Teknik Sipil); Hotsan Simanullang, ST., MT (Kaprodi Teknik Mesin).

Sedangkan setiap kelompok KKN, mempunyai ketua masing masing yaitu kelompok Sipil dan Arsitek ke desa Nagrak, Bogor, diketuai Indra Setiawan Hartopo; Kelompok Teknik Industri dan Informatika diketuai Roni Hidayat; Kelompok Teknik Mesin dan Teknik Elektro diketuai Irama Zai; dan Kelompok Fikom diketuai Fajar Pratama. DANS/EHM

Posting Komentar untuk "Para Mahasiswa KKN Universitas Mpu Tantular T.A 2021/ 2022 Tersebar ke Beberapa Wilayah"