Pontirta Menunggu Kepastian Pengambil Kebijakan

"SERANG (wartamerdeka.info) - Pemerintah diharapkan serius dalam melaksanakan pembangunan bila masih ada warga yang kehidupannya tidak layak disertai rendahnya kesempatan kerja dan lemahnya perekonomian.

Kondisi ini mencerminkan pembangunan tidak terwujud secara merata. Seperti di wilayah Kecamatan Pontang, Tirtayasa dan Tanara yang kami sebut Pontirta, di Kabupaten Serang, memerlukan kesungguhan pemerintah dalam menanganinya," kata Dr. H. Rizqullah Thohuri, MBA., Wakil Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se Indonesia (ICMI) Orwil Banten, saat menyampaikan pengarahannya sebagai keynote speaker pada acara Webinar, Sabtu (26/02/22).



Rizqullah menjelaskan, index pembangunan manusia (IPM) tahun 2021 di Kabupaten Serang masih pada level 65,82, sedangkan Provinsi Banten di level 72,72.

"Kesejahteraan diukur dengan menggunakan IPM yang ditentukan oleh variable tingkat Kesehatan, Pendidikan dan ekonomi masyarakat," tandasnya.

Begitu pula, lanjut Rizqullah, pendapatan per kapita tahun 2021 Kabupaten Serang Rp.10,7 juta per tahun, masih di bawah Provinsi Banten sebesar Rp.12 juta per tahun.

"Saya berkunjung ke Desa Domas, Pontang. Sepanjang jalan melihat sungai sangat kotor dan bertebaran sampah-sampah, sementara warga masih menggunakannya untuk mencuci dan mandi. Ini nyaris tak ada perubahan sejak puluhan tahun lalu," imbuhnya.

Webinar yang menghadirkan Rektor Untirta, Fatah Sulaiman, Zaenal Mutaqin. Bappeda Provinsi Banten, Laksma TNI (Purn) Eden Gunawan dari Perkumpulan Urang Banten, Desty Eka Putri Sari, Simpul Madani Serang, Fredy Sekretaris Bappeda Kabupaten Serang, menyimpulkan perlunya kolaborasi atau kerja sama antara pemerintah dan masyarakat, khususnya para organisasi masyarakat (Ormas).

"Kami dari ICMI sebagai katalisator sangat siap berkolaborasi dengan Ormas-ormas yang ada dan peduli dalam membantu proses pembangunan di Pontirta," ujar Rizqullah.

Webinar yang terselenggara atas kerja sama ICMI Banten dan Ormas Simpul Madani Serang, juga mengakui pentingnya media dalam proses pembangunan di Pontirta.(JM)

Posting Komentar untuk "Pontirta Menunggu Kepastian Pengambil Kebijakan"