Ukir Sejarah, Tim Bulu Tangkis Putri Juarai BATC, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Timnas bulu tangkis putri Indonesia mengukir sejarah dengan menjuarai Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu (BATC) untuk pertama kalinya pada edisi 2022 yang berlangsung di Selangor, Malaysia, Minggu.

Pencapaian bersejarah ini dihasilkan setelah Skuad Garuda putri menundukkan tim Korea Selatan dengan skor 3-1, dengan skor penentu dicetak oleh ganda Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari saat keduanya mengalahkan Kim Min Ji/Park Min Jeong 23-21, 21-11 dalam durasi 34 menit.

"Bangga dan sangat melegakan saya bisa tampil baik bersama Lanny dan mempersembahkan kemenangan serta mengantarkan Indonesia juara," ujar Nita lewat keterangan resmi PBSI di Jakarta.

Kegembiraan timnas Indonesia semakin lengkap saat bendera Merah Putih pun ikut dikibarkan pada tiang tertinggi, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya yang ikut berkumandang di dalam arena Setia City Convention Centre.

Selain Nita/Lany yang menjadi partai penentu, dua angka kemenangan lain dipersembahkan oleh pebulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Gregoria juga tak ketinggalan meluapkan kegembiraannya, karena tim yang dikapteninya bisa mengukir sejarah baru bagi bulu tangkis Indonesia, yaitu pertama kali lolos ke final dan tampil sebagai juara beregu Asia.

"Saya bangga dan bersyukur Puji Tuhan bisa membawa tim putri Indonesia juara. Ini berkat kebersamaan dan kekompakan tim. Semua pemain tampil hebat dan penuh semangat," ujar Gregoria.

Pelatih ganda putri, Prasetyo Restu Basuki juga mengaku lega dan bersyukur anak didiknya bisa tampil optimal di final.

"Semua sudah berjuang hebat hingga jadi juara," ucapnya singkat.

Atas keberhasilan itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat. 

"Srikandi-srikandi bulutangkis putri Indonesia mencetak sejarah dengan meraih gelar juara pada Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2022, hari ini di Selangor, Malaysia. Sementara tim putra Indonesia berhasil menempati posisi runner-up. Dari Tanah Air, saya menyampaikan selamat," ungkap Presiden Jokowi yang diunggah di akun twitternya.

Sementar itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, juga menyampaikan selamat dan rasa bangga kepada tim bulu tangkis putri Indonesia yang berhasil menjadi juara Badminton Asia Team Championships (BATC) untuk pertama kalinya.

“Selamat kepada tim nasional bulu tangkis putri Indonesia yang telah berhasil meraih gelar juara Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022,” kata Marciano melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.


“Usaha dan kerja keras para Patriot Olahraga Prestasi, baik itu atlet, pelatih, ofisial dan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah berhasil membuat bendera Merah Putih berkibar dengan diiringi berkumandangnya lagu Indonesia Raya. Hal tersebut membuat masyarakat Indonesia bangga, selaku Ketua Umum KONI Pusat saya mengucapkan terima kasih,” kata Marciano Norman.

Marciano berharap ke depan, prestasi lainnya akan kembali dipersembahkan para patriot olahraga prestasi Indonesia, baik dari bulu tangkis maupun cabang olahraga lainnya. (Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama