Luhut Melarang, Tapi APDESI Tetap Nekat Akan Deklarasi Usulan Jokowi 3 Periode, Setelah Lebaran

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Rencana deklarasi usulan Presiden Joko Widodo atau Jokowi 3 periode yang akan dilakukan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Istora Senayan, Jakarta pada hari Senin (29/3/2022), batal dilaksanakan. 

Salah satu penyebab batalnya rencana deklarasi yang akan disampaikan langsung di depan Jokowi itu, karena dilarang oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Dia ngelarang malah, ketemu aja dilarang, kamu jangan cerita-cerita begitu," kata Ketua Umum APDESI Surtawijaya menceritakan ucapan Luhut, saat ditemui selepas acara Silahturahmi Nasional Desa, Selasa, 29 Maret 2022.

Tak hanya deklarasi yang batal, tapi juga rencana Surtawijaya untuk menyuarakan Jokowi 3 periode saat berpidato. "Udah saya nggak berani ngomong, tadi saya udah mau teriak 3 periode, dilarang semua," kata dia.

Sebelumnya, usulan perpanjangan masa jabatan Jokowi terus mengemuka setelah disampaikan oleh sejumlah ketua umum partai. Luhut juga salah satu yang menyampaikan usulan ini, dengan mengkaim ada 110 juta akun di media sosial yang mendukungnya, berupa penundaan Pemilu 2024.

Ketua Majelis Pembina Organisasi APDESI Muhammad Asri Anas juga bercerita bahwa deklarasi sedianya akan digelar hari ini. Bahkan, ia mengklaim panitia sudah membawa spanduk bertuliskan Jokowi 3 periode ke lokasi acara.

Akan tetapi, kata dia, pemasangan spanduk batal karena ada larangan dari Pasukan Pengamanan Presiden. Ia pun tidak bersedia menunjukkan spanduk Jokowi 3 periode yang ingin dipasang di lokasi acara tersebut.

Yang dibawa akhirnya hanya 2 spanduk yang terpampang di Istora Senayan. Salah satunya bertuliskan "Kepala Desa se-Indonesia Setia Bersama Ir. Joko Widodo."

Bukan hanya spanduk Jokowi 3 periode yang batal dipasang, tapi juga piagam Bapak Pembangunan Desa yang akan diberikan ke eks Wali Kota Solo ini. Surtawijaya menyebut piagam yang mau diserahkan tiba-tiba hilang entah ke mana. "Ada yang ngambil," kata dia.

Meski demikian, ujar Surtawijaya, APDESI tetap akan menggelar deklarasi  deklarasi usulan Jokowi 3 periode dalam waktu dekat.

"Deklarasi tidak batal. APDESI siap mendeklarasikan, karena usulan ini  sudah disepekati oleh mayoritas anggota asosiasi. Habis lebaran kami deklarasi," kata Surtawijaya.

Dukungan untuk Jokowi tiga periode, kata Surtawijaya, adalah fakta yang terjadi di lapangan karena eks Wali Kota Solo ini dinilai sudah memenuhi beberapa aspirasi dari kepala desa.

"Sekarang kami punya timbal balik, beliau peduli sama kami, itulah harapan kami. Siapa tahu ke depan semua lebih baik, teman-teman sepakat tadi, 3 periode, lanjutkan," kata dia.

(A)

Posting Komentar untuk "Luhut Melarang, Tapi APDESI Tetap Nekat Akan Deklarasi Usulan Jokowi 3 Periode, Setelah Lebaran"