Kompol Dr. Netty Rosdiana Siagian Kini Jabat Kapolsek Menteng

Foto: Kompol Netty Rosdiana Siagian dalam berbagai kegiatan di beberapa tempat penugasan sebelumnya
JAKARTA, wartamerdeka.com

Kompol Dr. Netty Rosdiana Siagian, SH., MM kini jabat Kapolsek Menteng Jakarta Pusat, usai dilantik baru-baru ini bersama 7 (tujuh) polisi wanita (polwan) lainnya yang jadi Kapolsek di lingkungan Polda Metro Jaya (PMJ).

 

Kali ini, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran langsung melantik mereka bersama 20 perwira lainnya pada acara pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Kapolsek, Selasa (24/05/2022) kemarin, di gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat.

 

Kompol Netty Siagian ditunjuk untuk menjadi Kapolsek Metro Menteng, menggantikan Kompol Gunarto yang diangkat menjadi Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat. Sebelum menjadi Kapolsek Menteng, Netty Siagian sempat menjadi Kapolsek Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

 

Sebelumnya juga, Netty yang saat itu menjabat Kasubbagrenmin Bidang Hukum Polda Metro Jaya juga mendapat penghargaan Indonesia Women Exellence Award 2021 di ajang Indonesia Award Magazine.

 

"Penghargaan ini menjadi suatu kepercayaan, pengabdian, pengakuan bagi Polri untuk masyarakat Indonesia. Ke depan lebih memotivasi kami agar bisa memberikan pelayanan sekaligus perlindungan terbaik bagi masyarakat," ujar Netty tahun lalu.

 

Menurutnya, setiap langkah merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Maha Kuasa. Sebagai insan Bhayangkara, tugas tidak hanya sebagai pelindung, pengayom dan pengaman bagi masyarakat, tetapi terdapat tanggung jawab yang sangat besar yaitu mendarmabaktikan kemajuan Polri.

 

Netty Siagian sebelumnya dikenal pernah mengawal Ibu Negara Ani Yudhoyono pada konvoi Hari Kartini 21 April 2011. Dia juga pernah dipercaya mengawal mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dan jenazah Ainun Habibie (istri Presiden BJ Habibie).

 

Pengawalan dilakukan saat Netty memimpin The Road Force Blue, dimana saat itu, Netty adalah Kanit Brigade Motor (BM) Ditlantas Polda Metro Jaya berpangkat Iptu. Netty menceritakan The Road Force Blue adalah komunitas yang terbentuk pada tahun 2005 dengan anggota 25-30 Polwan.

 

Berbagai atraksi kerap dilakukan The Road Force Blue seperti slalom atau jalan sambil zigzag, bahkan berdiri di motor sambil hormat. Aksi mereka sering dipertunjukkan di berbagai event Polda Metro Jaya.

 

Pada tahun 2009 The Road Blue Force menyabet rekor MURI dan rekor dunia sebagai pasukan wanita pengawal kenegaraan pertama di dunia. Prestasi Kompol Netty yang lebih mentereng lagi yakni meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Hukum dengan predikat cum laude.

Foto (Antara): Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberi ucapan selamat kepada para Kapolsek dan Kapolres yang baru dilantik

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam sambutannya di acara pelantikan mengatakan, ada 8 orang polwan yang jadi Polsek, dari 28 Kapolsek yang dilantik kali ini.

 

"Saat ini dari 28 Kapolsek yang saya lantik, delapan orang diantaranya adalah polwan," kata Fadil dalam upacara pelantikan Kapolsek di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

 

"Ini adalah bentuk komitmen saya dalam kesetaraan gender dan ini adalah konsistensi saya untuk terus melakukan pembaharuan di tubuh Polda Metro Jaya," lanjutnya.

 

"Saya memberikan jabatan kapolsek perempuan di tempat-tempat yang sebelumnya tidak pernah dijabat perempuan--Menteng, Penjaringan dan beberapa Polsek-Polsek lain yang selama ini dijabat oleh polisi laki-laki," tandasnya.

 

Selain itu, dia pun berharap para polwan yang menjadi kapolsek baru itu pun memanfaatkan pendekatannya sebagai kaum hawa dan juga seorang ibu untuk menjaga dan menjamin kamtibmas di wilayah masing-masing.

 

"Saya minta kelebihan anda sebagai seorang ibu digunakan dalam melakukan pendekatan untuk mereduksi kejahatan yang melibatkan. Saya yakin polwan lebih mampu membedakan mana penyakit masyarakat, mana kenakalan remaja, dan mana kelompok kriminal," pungkasnya.

 

Dari penelusuran akun instagramnya @nettydhianareal, Kompol Netty Rosdiana memiliki suami berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Akpol Angkatan ‘93. Sang suami bernama Puji Santosa, saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Jatim.

 

Berikut daftar 8 polwan yang dilantik sebagai kapolsek baru di wilayah Polda Metro Jaya:

 

1. Kapolsek Menteng, Polrestro Jakarta Pusat, dijabat Kompol Netty Rosdiana Siagian

2. Kapolsek Sunda Kelapa, Polrestro Jakarta Utara, dijabat Kompol Riza Sativa

3. Kapolsek Cakung, Polrestro Jakarta Timur, dijabat Kompol Syarifah Chaira Sukma

4. Kapolsek Cimanggis, Polrestro Jakarta Timur, dijabat Kompol Siti Fatimah Said Martandu

5. Kapolsek Penjaringan, Polrestro Jakarta Utara, dijabat Kompol Ratna Quratul Aini

6. Kapolsek Cinere, Polrestro Depok, dijabat Kompol Jun Nurhaida Tampubolon

7. Kapolsek Tajur Halang, Polrestro Depok dijabat Iptu Tamar Bekti Widiasih Jalmi

8. Kapolsek Cisauk, Polrestro Tangerang Selatan, dijabat AKP Syabillah Putri Ramadhani.

 

Seiring dilantiknya Netty, banjir ucapan Selamat dan Sukses mewarnai akun instagramnya. Hampir seluruhnya mengucapkan dukungan dan mendoakannya untuk amanah dan sukses menjalankan tugas di pos yang baru. DANS/MER

Posting Komentar untuk "Kompol Dr. Netty Rosdiana Siagian Kini Jabat Kapolsek Menteng"