Peringatan Hardiknas Dan Harkitnas, Kepala SMK N 1 Tapalang Barat Sjahrir Tamsi Sambut Baik Program Merdeka Belajar

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tapalang Barat Drs. Sjahrir Tamsi, saat berfoto bersama PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik 

MAMUJU (wartamerdeka.info) — Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tapalang Barat, Sulawesi Barat Drs. Sjahrir Tamsi, menyambut baik program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Merdeka Belajar.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tapalang Barat Drs. Sjahrir Tamsi.M.Pd, mengatakan bahwa program merdeka belajar sungguh mereka telah mulai sejak Tahun 2020 lalu saat covid-19.

“Tahun 2020 kami sudah berlakukan program Merdeka Belajar. Karena saat itu covid-19 sedang meningkat sehingga kegiatan itu kita berlakukan program belajar di mana saja,” kata Sjahrir Tamsi usai mengikuti upacara memperingati Hardiknas yang dirangkaikan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), yang dipimpin  PJ Gubernur Sulbar Dr. Akmal Malik, di halaman Kantor Gubernur Sulbar, Jumat (20/5/2022).

Dia mengungkapkan kegiatan yang dilakukan di SMK Negeri 1 Tapalang Barat saat itu ternyata disambut baik oleh masyarakat terutama orangtua siswa.

“Merdeka belajar esensinya adalah memerdekakan semua pihak yang ada di pendidikan, baik peserta didik maupun para guru yang mana selama ini belajar secara menonton di kelas saja," ujar Pria dari keluarga besar Tomakaka Dara Cappa Bate Indo Banua Kerajaan Binuang Kabupaten Polewali Mandar itu.

Dengan adanya program Kemendikbud Ristek ini maka secara otomatis diberikan kebebasan cara belajar pada sekolah, artinya tidak hanya di kelas saja, bisa di pelataran sekolah maupun di mushola.

Tentu yang terpenting bagaimana bisa nyaman dalam mengikuti pembelajaran sehingga tidak ada beban lagi, beban para guru untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik.

“Mereka bisa bebas berdiskusi, mereka bisa secara mandiri, mereka akan lebih mudah berkomunikasi dengan Gurunya,itulah esensinya merdeka belajar," tutupnya.

Posting Komentar untuk "Peringatan Hardiknas Dan Harkitnas, Kepala SMK N 1 Tapalang Barat Sjahrir Tamsi Sambut Baik Program Merdeka Belajar"