Semangat Kampanyekan Lingkungan, Perenang Asing Berenang Dari Karimunjawa - Jepara

Gentiel Gillen (Swedia), Lorenz Gillen (Swedia) dan Khalid Mahalatti (Denmark). (Foto Ratu Andayani)

JEPARA (wartamerdeka.info) - Dalam rangka kampanye pentingnya menjaga lingkungan yang bebas sampah plastik dan sekaligus mempromosikan potensi pariwisata di Jepara,  tiga perenang asing yaitu  Gentiel Gillen (Swedia), Lorenz  Gillen (Swedia) dan Khalid Mahalatti (Denmark) nekat berenang  menyeberangi lautan dari Karimunjawa  menuju  Jepara. Mereka menamai kegiatannya dengan 90 Kilometer Java Sea Swim

Ketiga perenang ini berangkat dari pantai Bobby Karimunjawa Jumat (6/5-2022)  jam 14.00 WIB. Direncanakan 3 perenang ini akan sampai ke Jepara diperkirakan Minggu (8/5-2022) jam  12.00 WIB di Ocean View pantai Teluk Awur Jepara di depan hotel milik mereka: Gentiel Gillen (Swedia), Lorenz Gillen (Swedia) dan Khalid Mahalatti (Denmark) serta Farah El Firajun AG

Jarak antara pulau Karimunjawa – Jepara sekitar 90 km, direncanakan akan ditempuh selama kurang lebih 50 jam. 

“Kami akan berenang secara estafet tiap 5 km. Jika laut bersahabat kami memerlukan waktu kurang lebih 50 jam,” ujar Gentiel Gillen yang berenang bersama  anaknya, Lorenz  Gillen.

Untuk mencatatkan rekor spektakuler ini para perenang telah melakukan latihan rutin cukup lama. “Disamping menjaga asupan gizi,  kami berlatih secara rutin di laut dan menjaga stamina. Juga mempertimbangkan cuaca,” ujar Khalid Mahalatti.

Sementara istri Gentiel Gillen, Dra Farah El Firajun AG yang juga Ketua Garnita Malahayati mengungkapkan, langkah heroik tiga perenang ini terdorong keinginnya untuk mengkampanyekan lingkungan yang bebas sampah plastik, utamanya di kawasan lautan dan pantai. 

“Juga untuk mempromosikan pariwisata bahari di Jepara dan Jawa Tengah,” ujar Farah El Firajun AG yang juga kader Partai NasDem Jepara.

Menurut Farah El Firajun, walaupun tiga perenang ini adalah warga Negara asing, namun mereka sangat mencintai Indonesia karena keindahan, budaya dan masyarakatnya yang sangat ramah. “Mereka ingin melakukan sesuatu untuk Indonesia dengan mempromosikan keindahan laut dan sekaligus menjaganya agar tetap bersih,” ujarnya.

Untuk memberikan apresiasi terhadap keberanian  Gentiel Gillen, Lorenz  Gillen  dan Khalid Mahalatti, Ketua DPD Partai NasDem Jepara akan melakukan kerja bakti membersihkan pantai Teluk Awur. 

“Kami akan kerahkan kader  bersama warga setempat untuk melakukan bersih-bersih pantai,” ujar Supratikno Ketua DPD Partai NasDem Jepara.

Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia Kabupaten Jepara Ajar Tri Raharjo memberikan apresiasi atas even 90 Kilometer Java Sea Swim yang dilakukan oleh Gentiel Gillen,  Lorenz  Gillen dan Khalid Mahalatti .

“Selain untuk mengkampanyekan kebersihan laut dan wilayah pantai, even ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi atlet renang Jepara untuk  juga mengembangkan renang di luar kolam atau open water. Ini potensial sebab Jepara adalah daerah yang memiliki wilayah pantai yang luas dan indah,” ujarnya.

(Hani ALMIJ)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama