Improvisasi Kesehatan Global Melalui “One Health”, Kemendagri Siap Kawal Seluruh Kepala Daerah

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menjadi salah satu aktor penting di dalam Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Asia Pacific Cities Alliance for Health and Development (APCAT). Pendekatan One Helath, sebagai upaya kolaborasi kebijakan kesehatan manusia-lingkungan-hewan, menjadi konsentrasi pelaksanaan webinar yang dihadiri oleh beberapa petinggi organisasi internasional serta seluruh kepala daerah se-Indonesia. 

Secara konseptual, definisi One Health menurut The One Health High Level Expert Panel adalah pendekatan untuk memobilisasi secara bersama, berbagai sektor dan disiplin ilmu, berbagai lapisan masyarakat hingga tingkat komunitas, untuk bekerja bersama-sama. 

Definisi ini merepresentasikan pentingnya keterlibatan kepala daerah sebagai pemegang kebijakan di daerah. Kementerian Dalam Negeri sebagai poros pemerintahan dalam negeri menyadari hal tersebut.

Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Teguh Setyabudi, menyampaikan dukungan Kemendagri dalam mendorong seluruh kepala daerah untuk dapat mengimplementasikan One Health sebagai perspektif strategis dalam pembangunan kesehatan di daerah.

“Kemendagri telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait pengimplementasian One Health di daerah, termasuk dalam menginternalisasikannya ke dalam perencanaan dan penganggaran daerah” ujar Teguh dalam sesi Closing Remarks.

Disamping dukungan kebijakan, Teguh juga akan mengupayakan untuk mendorong peran Kepala Daerah agar mampu mengimplementasikan One Health ke dalam beberapa sub urusan, khususnya dalam upaya kesehatan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyediaan farmasi dan alat kesehatan, serta mendorong pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, Teguh juga menyampaikan bahwa Kemendagri akan melakukan langkah-langkah kolaboratif bersama seluruh pihak, khususnya kepada seluruh kementerian/lembaga serta organisasi terkait implementasi One Health di daerah. Langkah ini menjadi langkah strategis lanjutan yang akan diambil mengingat pendekatan One Health merupakan pendekatan multi sektor.

“Kami akan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam mensinergikan pengimplementasian One Health sebagai upaya improvisasi kesehatan terintegrasi, baik di tingkat pusat maupun daerah,” tutur Teguh. +A)

Posting Komentar untuk "Improvisasi Kesehatan Global Melalui “One Health”, Kemendagri Siap Kawal Seluruh Kepala Daerah"