Program Super Prioritas Jamula Dan Dasun Ditinjau Bupati Yes

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Melalui program super prioritas Jamula (Jalan Mulus dan Alus Lamongan) dan bantuan Dana Dusun menjadi langkah nyata pemkab memberi aksesibilitas kepada masyarakat.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi melakukan peninjauan pembangunan jalan ruas Soko-Dagang, Selasa (19/7). Ada 21 ruas jalan dari 41 ruas jalan program Jamula yang sudah mulai dikerjakan pembangunannya termasuk ruas jalan Soko-Dagang sepanjang 2.850 meter.

“Ada 21 ruas jalan dari 41 ruas jalan program Jamula yang telah dikerjakan. Baik sudah di cor maupun proses peninggian kontruksi menggunakan agregat kelas A. Untuk ruas jalan yang belum dikerjakan lebih lanjut nanti tetap akan lakukan perbaikan pemerataan semuanya. Kita berupaya terus agar masyarakat menikmati Pembangunan Daerah,” kata Bupati Yes. 

Menjadi salah satu dari tiga ruas jalan yang sudah di cor menggunakan konstruksi Rigit Beton Fs 45 dengan ketebalan 20 cm, pembangunan ruas jalan Soko-Dagang sepanjang 2.850 meter dengan tiga titik spot (Desa Soko sepanjang 2.350 meter, Desa Margoanyar 100 meter dan Desa Wedoro sepanjang 150 meter dan 350 meter) dengan nilai kontrak sebesar Rp. 7,026 miliar. Sementara dua ruas lainnya yang telah di cor yakni ruas jalan Laren-Blimbing dan gendongkulon-Plaosan.

Tidak hanya program Jamula, program dana dusun yang menjadi program super prioritas juga telah direalisasikan.

Bupati Yes berkesempatan melakukan sidak pembangunan infrastruktur hasil penyaluran dana dusun di beberapa titik lokasi seperti di Desa Ngagklikrejo Desa Soko, masyarakat gotong royong melakukan pembangunan jalan poros desa.

Hal sama juga terlihat di Dusun Duduk Lor Desa Duduk Lor Kecamatan Glagah, masyarakat melakukan normalisasi saluran irigasi tersier memanfaatkan dana dusun.

“Saya telah melihat beberapa tempat dan laporan dari camat bahwa pelaksanaan program dana dusun ini disambut baik oleh masyarakat. Bahkan seperti yang kita lihat tadi dana yang awalnya 35 juta hanya bisa bangun Jalan sepanjang 1 KM dengan swadaya masyarakat bisa sampai 2 KM,” tutur Bupati Yuhronur. 

“Menjadi salah satu program prioritas jamula maupun dana dusun ini diharapkan dusun-dusun bisa menikmati pembangunan daerah,” imbuhnya.

Pada tahun ini Pemkab Lamongan telah menganggarkan Rp. 200 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan dengan rincian Rp. 150 miliar dana untuk pembangunan 41 ruas jalan sepanjang 44,54 KM dan 21 jembatan dan Rp. 50 miliar dana untuk pembebasan lahan pembangunan ringroad Utara. Serta anggaran Rp 50,085 milyar untuk disalurkan kepada 1.431 dusun dengan besaran Rp. 35 juta untuk setiap dusun. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama