Pentingnya Pendidikan Untuk Perempuan

Oleh: Feri Rusdiono

Laki - laki yang berpendidikan tinggi akan menciptakan karir yang bagus, sedangkan perempuan yang berpendidikan tinggi akan menciptakan generasi yang luar biasa.

Perempuan memegang peran besar akan seperti apa generasi manusia selanjutnya, itu sebabnya pendidikan tinggi untuk perempuan sangat penting karena mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak mereka, ilmu parenting perempuan yang berpendidikan tentu saja berbeda dengan yang tidak. Jadi, bukan cuma ngurus dapur. 

Berpendidikan disini maksudnya bukan hanya sekolah tinggi - tinggi, ilmu bisa didapat dari mana saja, baca-baca buku, cari tahu tentang hal-hal baru atau bahkan dengan menonton video-video yang bermanfaat.

Saya tahu beberapa ibu yang tidak berpendidikan yang seperti ini : 

1. Tidak bisa menjawab pertanyaan/ menjelaskan ke anak-anaknya mengenai hal-hal sulit dan awkward.

2. Banyak menunggu suami membuatkan keputusan, dan kemudian menyalahkan suaminya kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Uang yang diberikan suami dianggap sebagai 'upah yang harus dihabiskan', bukan ditabung sisanya untuk membangun masa depan rumah tangga dan anak-anaknya.

4. Tukang ikut-ikutan karena kurang pengetahuan dan tidak punya hobi/ target hidup yang nyata.

5. Tidak mengerti gizi.

6. Nasihat kosong: hati-hati, minum air yang banyak, jangan telat, sabar, ini cobaan, harus terima, dan sejenisnya. Tapi ketika harus membantu suami atau anak secara proaktif dan cerdas? Auto-bengong.

7. Tidak bisa membantu anak mengerjakan PR.

Dan sebagainya.

Istri yang pintar akan jadi sosok pendukung yang tangguh untuk suaminya, bahkan jadi kebanggaan juga.  

Pintar itu seksi, menurut saya :

Saya juga pernah dengar katanya laki-laki bisa minder kalau terlalu berpendidikan. Kalau saya jadi perempuan, saya tidak akan hiraukan pendapat seperti itu, karena jodoh adalah cerminan diri.

Dan terakhir, perempuan yang cerdas akan menghasilkan keturunan yang cerdas juga. Penelitian dari University of Washington, mengatakan bahwa wanita cenderung mentransmisi gen kecerdasan ke anak yang terbentuk dari kromosom X. 

Nah, wanita memiliki dua kromosom X, sedangkan pria hanya memiliki satu kromosom X. Artinya, wanita dua kali berpeluang mewariskan kecerdasan pada anak ketimbang pria.

Terlepas dari ingin menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga— sebaiknya seorang wanita mengenyam pendidikan tinggi terlebih dahulu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama