Sekda Kab Gorontalo Roni Sampir: Regsosek, Bisa Mengatasi Masalah Kesimpangsiuran Data

LIMBOTO (wartamerdeka.info) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir membuka kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakerda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) BPS Kabupaten Gorontalo Tahun 2022 yang dilaksanakan di Orasawa Resto, Kelurahan Biyonga, Kecamatan Limboto. Selasa (20/9/2022).

Dalam sambutannya, Roni menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan karena menurutnya ini sangat penting agar ke depan semua program pemerintah  tepat sasaran. 

“Kalau kita berbicara ekonomi tentu kita juga berbicara soal kemiskinan karena kita tahu bersama bahwa kemiskinan terus meningkat apalagi dengan banyak kejadian misalnya dengan pandemic covid-19, banyaknya kegiatan ekonomi yang tidak berjalan, dan juga terjadi kenaikan BBM sehingga itu menjadi salah satu penyebab kemiskinan kita menurun ,” kata Roni.

Oleh karena itu, Roni mengatakan untuk mencegah kemiskinan tersebut ada intervensi dari Pemerintah Daerah baik jangka pendek maupun menengah. Untuk jangka pendek, kata Roni misalnya bantuan sosial berupa BLT yang harus diberikan karena adanya kenaikan BBM.

“Selain itu juga di bidang kesehatan untuk mereka yang terdampak kemiskinan ini pun harus punya data, misalnya data terkait dengan BPJS. Oleh karena itu agar program ini tepat sasaran maka diperlukan data yang valid,” jelasnya

Lanjut Roni, salah satu kunci terpenting dalam upaya penanganan kemiskinan ialah terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Tetapi data DTKS terkadang menimbulkan konflik sosial karena banyak yang tidak tapat sasaran.

Oleh karena itu, untuk menanggulangi hal tersebut maka dilaksanakanlah kegiatan Regsosek.

Kegiatan ini bisa mengatasi masalah kesimpangsiuran data.

“Regsosek merupakan upaya pemerintah untuk membangun data kependudukan tunggal, atau satu data. Dengan menggunakan data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai program secara terintegrasi,” pungkasnya

Posting Komentar untuk "Sekda Kab Gorontalo Roni Sampir: Regsosek, Bisa Mengatasi Masalah Kesimpangsiuran Data"