Sidang Yudisium Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Mpu Tantular Tahun 2022 Berlangsung Hikmat dan Lancar

 
Foto: Sidang Yudisium Sarjana Hukum Fakultas Ilmu Hukum, Universitas Mpu Tantular dengan para anggota Senat

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Acara Yudisium Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Mpu Tantular (FH UMT) Tahun Akademik 2021/2022 berlangsung hikmat dan lancar, diikuti sejumlah mahasiswa yang selanjutnya menjadi alumni.  

 

Ada 78 Sarjana Hukum (S.H) yang dinyatakan Lulus setelah mengikuti Sidang Skripsi beberapa hari lalu. Sidang Yudisum berlangsung pada hari Jum’at (09/09/2022) di Aula Hiobaja, Lt.8, Kampus A Universitas Mpu Tantular, Jakarta Timur.

 

Yudisium diketahui sebagai proses akademik yang menyangkut penerapan nilai dan kelulusan mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang telah diambil selama kuliah dan penetapan nilai dalam transkrip akademik. Yudisium juga merupakan tahap penentuan status kelulusan mahasiswa secara resmi (termasuk penentuan predikat kelulusan cumlaude, memuaskan, cukup memuaskan).

 

Acara Yudisium diawali dengan masuknya Ketua bersama para anggota Senat Fakultas Hukum yang terdiri dari para Dosen, diiringi dengan lagu Gaudeamus Igietur, dilanjutkan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, Sidang Senat Fakultas Hukum dibuka secara resmi oleh Ketua Senat, yang juga sekaligus adalah Dekan Fakultas Hukum, Dr. F.X Suyud Margono, S.H., M.Hum.

 

Dalam Laporannya, Ketua Pelaksana Yudisium, Dr. Ina Heliany, S.H., M.H, yang juga sebagai Ketua Program Studi (Kaprodi) S-1 Ilmu Hukum/ Anggota Senat Fakultas Hukum, mengatakan ada 78 orang yang berhasil di Yudisium hari itu. Dr. Ina Heliany juga membacakan Surat Keputusan (SK) Dekan Fakultas Hukum Tentang Yudisium.

Foto: Para Peserta Yudisium, Pengalungan Medali Kelulusan dan Lulusan Terbaik dengan IPK Tertinggi

Acara berlanjut ke Pengukuhan Yudisium Sarjana dengan Pembacaan Lafal Sumpah/ Janji Sarjana Hukum para Lulusan Fakultas Hukum, yang dipandu oleh Dekan Fakultas Hukum, dan diikuti seluruh lulusan.

 

Acara terus berlanjut kepada penyerahan medali kelulusan para Sarjana Hukum, yang namanya dipanggil satu-persatu ke depan, dan medali dikalungkan oleh Dekan Fakultas Hukum,  Dr. F.X Suyud Margono, S.H., M.Hum, dan juga oleh Kaprodi S-1 Ilmu Hukum, Dr. Ina Heliany, S.H., M.H.

 

Setelah itu, dilanjutkan dengan pengumuman lulusan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Tertinggi, dimana Tertinggi Pertama diraih oleh Albert Rasmi Silaen dengan IPK 3,79 dan IPK Tertinggi Kedua, diraih Hennery Sitohang, dengan IPK 3,78. Kepada mereka berdua diberikan Pin dan Piagam Penghargaan, yang ditandatangani oleh Dekan dan Kaprodi Ilmu Hukum.

Foto: Dekan Fakultas Hukum, Dr. F.X Suyud Margono, S.H., M.Hum sedang memberikan pengarahan

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari Dekan, Dr. F.X Suyud Margono, S.H., M.Hum, yang berpesan agar para alumni lebih meningkatkan diri setelah terjun di masyarakat.

 

“Sebagai alumni, harus terus meningkatkan kemampuan intelektual, setelah terjun di masyarakat dalam membantu masalah-masalah hukum. Alumni juga harus tetap menjaga nama baik almamater,” ujarnya.

 

Sambutan mewakili Dosen disampaikan Eddy Supriyanto, S.H., M.H, mantan Kaprodi Ilmu Hukum, yang berpesan agar para alumni tidak melakukan hal-hal tercela dalam menjalani profesinya.

 

“Sebagai alumni, mohon selalu dihindari perbuatan tercela dalam profesinya. Janganlah nanti kita sampai sedih dan malu, jika suatu saat kami mendengar misalnya ada yang terlibat korupsi, janganlah. Sebab itu, mental anda harus kuat dalam menjalani profesi anda dimanapun,” tandasnya.

 

Sedangkan sambutan mewakili para alumni, disampaikan Yuliatiningsih, dan doa dibacakan oleh Muhammad Irwandi yang juga megikuti yudisium hari itu. Setelah Doa, Sidang Yudisium ditutup oleh Ketua Senat Fakultas Hukum, Dr. Suyud Margono.

 

Sementara itu, jajaran anggota Senat Fakultas Hukum lainnya yang hadir adalah, Eddy Supriyanto, S.H., M.H; Charles Pardede, S.H., M.H; Setya Jaya, S.IP., S.H., MM., M.H; Amin Saleh, S.H., M.H; Jennifer Panjaitan, S.H., MH; dan Sangga Sinambela, S.H., M.H.

 

Acara yang dipandu Danny PH Siagian, S.E., M.M itu berlangsung hampir 2 (dua) jam, yang diakhiri dengan foto session dan makan bersama serta ramah tamah. (DANS)

Posting Komentar untuk "Sidang Yudisium Sarjana Hukum Fakultas Hukum Universitas Mpu Tantular Tahun 2022 Berlangsung Hikmat dan Lancar"