Hari Aksara Internasional 2022 Jatim Dipusatkan Di Lamongan

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Hari Aksara Internasional Ke-57 Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2022 dipusatkan di Parkir Timur Wisata Bahari Lamongan (WBL) Kecamatan Paciran. Sebagai tuan rumah kegiatan tersebut dibuka bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, tanggal 26 hingga 27 Oktober 2022 ini, iisi  puluhan stand literasi dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur.

Bagian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan.   Dengan mengusung tema sudut baca, berbagai inovasi dipamerkan dalam stand Perpusda, mulai dari Titik Baca, yakni inovasi berupa barcode yang dapat di scan menggunakan smartphone, dan pembaca dapat memilih bacaan sesuai yang diinginkan. Titik Baca ini telah tersedia di Perpusda Lamongan. 

Untuk menjangkau pembaca di luar kota Lamongan, Titik Baca Perpusda menginovasikan aplikasi ilamongan yang telah tersedia di play store. Seperti meminjam buku yang memiliki tenggang waktu, ilamongan memberikan pengalaman baru bagi pembaca, dimana fasilitas meminjam buku bisa dilakukan tanpa harus jauh-jauh ke Perpusda. 

Perpusda juga memamerkan buku-buku hasil karya penulis Lamongan yang difasilitasi Perpus Lamongan. Ada 10 buku lokal konten diantaranya buku sejarah, buku pengetahuan umum, sejarah tokoh Islam dan masih banyak lainnya yang telah dijual secara bebas. Selain buku juga ada hasil karya alih media naskah kuno yang sudah diterjemahkan sehingga pengunjung tinggal membaca.

Di momen Pameran Pendidikan, Seni dan Budaya Pada Hari Aksara Internasional Ke -75 Tahun 2022, Bupati Lamongan mengajak seluruh stakeholder, mengenalkan dan memahamkan pentingnya literasi sesuai tema yang bertajuk Transformasi Literasi dalam Konteks Merdeka Belajar untuk meningkatkan gemar berliterasi bagi masyarakat.  

“Literasi merupakan kunci utama yang harus dimiliki oleh setiap insan. Saat ini literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis. Oleh karenanya, tugas kita semua bukan hanya mengenalkan masyarakat dengan membaca, menulis dan menghitung (calistung) tetapi perlu mengenalkan dan memahamkan pentingnya literasi baru yakni literasi data, literasi digital, literasi humanities dan literasi budaya, khususnya bagi para generasi penerus bangsa,” kata Bupati.  

Bupati sebut Pemkab Lamongan berkomitmen untuk menjaga agar angka buta huruf tidak mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari capaian budaya literasi atau minat baca masyarakat tetap tinggi di tahun 2021, yakni diangka 70,9. 

“Alhamdulilah capaian budaya literasi atau minat baca masyarakat tetap tinggi di tahun 2021, yakni 70,9. Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 73.12. Sedangkan Indeks Pendidikan capaiannya 0,651.

Kepala Biro Kesra Provinsi Jatim Gatot Subroto, mengatakan tujuan diadakannya Hari Aksara Internasional tak lain untuk mempublikasikan kepada masyarakat terkait perkembangan pengaksaraan di tingkat Jawa Timur “Mari mengkampanyekan di tingkat pendidikan keaksaraan dalam pembangunan di Jawa Timur,” katanya. (Mas)

Posting Komentar untuk "Hari Aksara Internasional 2022 Jatim Dipusatkan Di Lamongan"