Tim Studi Tiru SMKN 1 Tapalang Barat Ke BPPMPV-KPTK Kemendikbudristek RI di Gowa dan UPT SMKN 8 Makassar. Sukses

Sjahrir Tamsi,  Asnah Baharuddin, Mustafa Tope


STUDI Tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu institusi yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan dan peraturan perundangan.  


Studi tiru juga dilaksanakan dengan salah satu tujuan untuk membawa manfaat, meningkatkan sinergi, dan membangun kerja sama antara masing-masing lembaga pelaksana Studi Tiru, berkunjung untuk meniru segala yang terbaik pada objek atau lembaga/institusi yang representatif. 


Tim Studi Tiru SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat mengakhiri  kunjungannya di UPT SMKN 8 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, 20 Februari 2023 untuk meniru antara lain : 

1. Dokumen dan Pola Pelaksanaan Pernikahan Sah dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja (DUDIKA);  

2. Meniru Dokumen dan Pola Pelaksanaan Kurikulum Merdeka;

3. Meniru Dokumen dan Pola Pelaksanaan P5;

4. Meniru Dokumen Pembelajaran dengan Blok Sistem yang pertama di Indonesia;

5. Meniru Pengelolaan Administrasi Kepegawaian Guru dan Staf ; 

6. Meniru Dokumen Pembinaan Peserta Didik;

7. Meniru Penataan dan Pengelolaan Kebersihan dan Keindahan Sekolah;

8. Meniru strategi SMKN 8 Makassar menjadi SMK yang unggul.


Kepala UPT SMKN 8 Makassar,  Dr. Asnah Baharuddin, M.Pd. bersama Guru dan Stafnya menyambut dan menerima Tim Studi Tiru di Aula atau  Ruang yang biasanya dipakai Fashion Show Program Keahlian Tata Busana UPT SMKN 8 Makassar yang beralamat di Jalan WR. Mongisidi Makassar.

Asnah Baharuddin, dalam sambutannya menyampaikan rasa hormat, syukur, senang, bahagia dan bangga menerima tamu kehormatan, Tim Studi Tiru dari SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat yang dikawal langsung oleh Kepala Sekolahnya, Drs. Sjahrir Tamsi,  M.Pd. 


Selanjutnya, Asnah Baharuddin mengucapkan selamat datang kepada  Tim Studi Tiru. Dikatakannya bahwa selama kepemimpinannya, sejarah mencatat sekolahnya kali pertama ini menerima tamu kehormatan, Sahabat Lama yang datang bersama seluruh guru dan stafnya di UPT SMKN 8 Makassar. 


Perlu diketahui bahwa Sahabatnya (maksudnya Drs. Sjahrir Tamsi,  M.Pd),  sebelumnya bertugas sebagai guru di SMKN 4 Makassar 1989-1993. Juga mantan Guru SMKN 8 Makassar Tahun 1993-2006, kemudian mutasi ke Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2006 silam.



Dikatakannya bahwa semasa  Drs. Sjahrir Tamsi,  M.Pd, bertugas di SMKN 8 Makassar, Sekolah ini menorehkan berbagai prestasi, baik Regional, Nasional maupun prestasi di tingkat Internasional, diantaranya : 

1. Juara Umum LKS Tingkat Nasional Tahun 1996;

2. Perintis PKL Peserta Didik ke Luar Negeri (Singapura, Malaysia,  Inggris, Nedherland, dll) Tahun 1996; 

3. Juara I Wawasan Wiyata Mandala Tingkat Nasional Tahun 1997;

4. Perintis Blok Sistem Pembelajaran Tahun 1998 di Indonesia;

5. Peningkatan secara signifikan kuantitas peserta didik dari 300 orang menjadi 900 orang pada Tahun 1999, 

6. Sebagai Sekolah Perintis Pernikahan Sah melalui MoU dengan DUDIKA.


Diketahui pula bahwa di Sekolah ini, Drs. Sjahrir Tamsi,  M.Pd pernah menjabat sebagai Koordinator BK, Wakasek HUMAS, Wakasek Pembinaan Peserta Didik, Wakasek Perencanaan Pendidikan (Kurikulum).


Kini SMKN 8 Makassar menjadi Kepala SMKN 1 Tapalang Barat. Dalam pengantarnya, Drs. Sjahrir Tamsi,  M.Pd  mengungkapkan rasa kagum atas progres SMKN 8 Makassar di segala bidang yang begitu melejit dan populer hingga mancanegara.


Dirinya merasa seperti pulang kota, kembali bergabung dengan teman dan sahabat lama, seolah hadir ditengah-tengah keluarga besar (Kolega Guru).


Selanjutnya, Drs. Sjahrir Tamsi,  M.Pd menyerahkan langsung Plakat berupa Cendramata Kepada Kepala UPT SMKN 8 Makassar, Dr. Asnah Baharuddin, M.Pd.


Mewakili seluruh Tim Studi Tiru dari guru dan stafnya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada manajemen UPT SMKN 8 Makassar atas sambutannya yang hangat dan penuh kekeluargaan. Terkhusus apresiasinya kepada para peserta didik yang telah mendemonstrasikan hadil Pra Uji Kompetensi Keahlian (UKK) kepada seluruh Tim Studi Tiru dalam bentuk pelayanan langsung Table Manner/Lunch di Restoran Malaqbi sekolah ini.


Model hasil praktik Pra UKK seperti inilah yang patut ditiru untuk diterapkan di SMKN 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat, Semua merasa puas dan rasanya ingin kembali lagi.


Menariknya ada Mantan Kepala SMKN 8 Makassar,  yang juga adalah Tim Perumusan Tingkat Nasional Kurikulum Merdeka, H. Mustafa Tope, S.Par. M.Pd. tampil menjadi Narasumber tentang IKM dan P5.


Pada kesempatan ini, Sjahrir Tamsi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala BPPMPV-KPTK,  Dr. Andi Rusdi, M.Pd. dan Kepala UPT SMKN 8 Makassar,  Dr. Asnah Baharuddin, atas sambutan penerimaan yang hangat dan penuh kekeluargaan kedua Pimpinan lembaga yang dikunjunginya.


Sjahrir Tamsi, untuk diketahui,  pernah menjadi Guru Teladan Tahun 1998 tingkat Kota Makassar dan telah memperoleh Penghargaan Satya Lancanakaryasatya 10 Tahun Pengabdian sebagai ASN/PNS dari Presiden RI ke V, Hj. Megawati Soekarnoputri dan Penghargaan Satya Lancanakaryasatya 20 Tahun Pengabdian sebagai ASN/PNS dari Presiden RI ke VII, Ir. H. Joko Widodo.


Dikatakannya, bila nanti SMKN 1 Tapalang Barat berubah nomenklatur menjadi SMKN 4 Mamuju, maka akan membuka Program Kemaritiman dan Program Pariwisata dengan Brand "Sekolah Modern Untuk Masa Depan Cemerlang"  Menghadirkan Guru Tamu dari BPPMPV-KPTK Kemendikbudristek RI, UPT SMKN 8 Makassar, dan BPLP Barombong.

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama