Dukungan Terhadap Wikanda-Daeng Makin Meluas


BEKASI-Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi yang akan digelar pada 11 Maret 2007, dukungan terhadap pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Wikanda Darmawijaa-Daeng Muhammad makin meluas. Kemarin (29/12-2006), sebanyak 12 Organisasi Massa (Ormas) se Kabupaten Bekasi yang tergabung dalam Koalisi Ormas Bekasi menyatakan dukungan penuh terhadap pasangan Bupati-Wakil Bupati yang diusung oleh Koalisi Partai Politik Peduli Bekasi (KP3B)-yang merupakan gabungan dari 12 partai politik—ini.

Pernyataan dukungan secara resmi itu disampaikan oleh para Ketua Ormas yang tergabung dalam Koalisi Ormas Bekasi kepada Yan Abdul Rasyad selaku Ketua Tim Sukses ‘’PILKADA’’ (Pilih Wikanda Darmawijaya-Daeng Muhammad). Kedua belas ormas yang menyatakan dukungan resmi itu adalah: Gerakan Peduli Masyarakat Bekasi (GPMB), Gerakan Rajawali Malam (GRAM), Pemantau Aspirasi Masyarakat Daerah (PAMDA), Persatuan Putra Bekasi (PPB), Forum Pemuda Sukawangi (FPS), Yayasan Gombang Jaya (GJ), Perkumpulan Orang Betawi (POB), Kerukunan Masyarakt Betawi Indonesia (KMBI), Forum Silaturahmi Masyarakat Betawi (FSMB), Persatuan Orang Betawi (POB), Ikatan Putra Daerah (Ikapud) Tambun Selatan, dan Karang Taruna Tambun Selatan.

M. Zaenal Abidin, Ketua GPMB yang juga merupakan Koordinator Koalisi Ormas Bekasi menyatakan bahwa dukunan terhadap pasangan Wikanda-Daeng Muhammad tersebut merupakan kepakatan bersama para pimpinan Ormas yang tergabung dalam Koalisi Ormas Bekasi.

‘’Ini kesepakatan dari hati nurani kami, bukan karena paksaan atau tekanan dari siapapun,’’ujarnya sambil menambahkan bahwa pernyataan dukungan resmi terhadap Wikanda-Daeng Muhammad ini juga sekaligus sebagai perekat kebersamaan di antara anggota Koalisi Ormas Bekasi.

Mengenai alasan Koalisi Ormas Bekasi ini mendukung penuh pasangan Wikanda-Daeng Muhammad, menurut M. Zaenal Abidin, terutama karena melihat figur pasangan ini yang penuh kesederhanaan dan merakyat.

‘’Terutama terhadap figur Pak Wikanda, kami sangat respek. Beliau ketika masih menjabat sebagai Bupati beberapa waktu lalu maupun setelah tidak menjabat Bupati tetap bersahaja dan selalu dekat dengan masyarakat. Bahkan terhadap anggota masyarakat miskin yang ada di pedesaan pun tak segan-segan beliau datang langsung untuk mengulurkan tangan,’’ujar Zaenal Abidin lagi.

Yang menarik, kedua belas Ormas ini tadinya dikenal sebagai pendukung kuat calon bupati dari salah satu partai politik besar di Bekasi. Hal ini diakui pula oleh Zaenal Abidin. Namun, ketika mereka mendukung calon dari partai lain itu, mereka belum tahu kalau Wikanda akan maju dalam bursa Pilkada. Begitu mereka tahu bahwa KP3B resmi mendaftarkan Wikanda dan Daeng sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati, maka mereka pun kemudian merapatkan barisan untuk menyatakan dukungan terhadap Wikanda-Daeng.

Sementara itu Yan Abdul Rasyad yang didampingi Ketua Media Center ‘’PILKADA’’ Aris Kuncoro dan Bendahara Tim Sukses ‘’PILKADA’’ Vemmy, ketika menerima pernyataan dukungan dari Koalisi Ormas Bekasi ini menyatakan menyambut baik.

‘’Kami sangat terharu dengan pernyataan dukungan dari teman-teman Koalisi Ormas Bekasi, yang bertekad merapat barisan untuk memenangkan pasangan Pak Wikanda dan Pak Daeng Muhammad dalam Pilkada nanti. Dukungan ini menambah rasa optimis kami, bahwa calon yang kami dukung yakni Pak Wikanda dan Pak Daeng akan mendapat tempat di hati masyarakat Kabupaten Bekasi,’’ujar Yan Abdul Rasyad yang akrab disapa Bang Yan.

Diungkapkan oleh Bang Yan bahwa tadinya Wikanda tak berminat untuk mencalonkan diri sebagai Bupati. Tapi, ternyata beberapa tokoh masyarakat di sejumlah pelosok desa di Kabupaten Bekasi terus mendesak agar Wikanda mencalonkan diri lagi sebagai calon bupati dalam Pilkada 2007 nanti. Mereka datang secara bergantian ke kediaman Wikanda.

Tak hanya itu. Sejumlah tokoh masyarakat ini juga melobi sejumlah partai yang tergabung dalam KP3B agar bersedia mengusung Wikanda sebagai calon bupati dalam Pilkada 2007. Ketika KP3B membuka kesempatan pendaftaran bagi calon bupati dan wakil bupati, beberapa waktu lalu, atas dorongan dan desakan tokoh-tokoh masyarakat tersebut, Wikanda pun mendaftarkan diri. Dan ternyata menurut penilaian Tim Verifikasi yang dibentuk KP3B, Wikanda mendapat nilai tertinggi, sehingga akhirnya resmi dinyatakan sebagai calon bupati yang diusung oleh KP3B.

Sementara itu, di tempat terpisah Sekretaris Tim Sukses ''PILKADA'' H. Roy Kamarullah juga menerima perwakilan masyarakat dari tujuh desa di Kecamatan Cabangbungin yang menyatakan dukungan terhadap Wikanda. Bahkan perwakilan dari masyarakat sampai menyerahkan ratusan KTP asl warga masyarakati yang siap mendukung Wikanda.

Keterangan Foto: Para Ketua Ormas yang tergabung dalam Koalisi Ormas Bekasi berfoto bersama Ketua Tim Sukses ''PILKADA'' Yan Abdul Rasyad (tengah, berbaju putih) seusai memberikan pernyataan dukungan kepada pasangan Wikanda-Daeng Muhammad.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama