KN Gajah Laut - 404 Selamatkan Kapal Motor Mati Mesin


SELAT BANGKA (wartamerdeka.info) - Saat melakukan patroli sektor (patsek), KN Gajah Laut - 404 Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) berhasil menyelamatkan kapal motor nelayan (KMN) El Shadai 001 yang mengalami mati mesin selama dua hari lamanya, di Perairan Selat Bangka, kemarin (29/9/2019). 

KMN El Shadai 001 berhasil diselamatkan bersama seluruh anak buah kapalnya (ABK) yang berjumlah tiga orang. 

Pada awalnya, patsek yang dilakukan oleh KN Gajah Laut - 404 difokuskan untuk mencari rakit rumpon yang putus dan hanyut berdasarkan laporan nelayan sekitar. KN Gajah Laut - 404 kemudian melakukan pencarian dengan  memperkirakan arah hanyut berdasarkan arus dan angin. 

Saat pencarian memasuki Perairan Selat Bangka, di sisi lambung kanan KN Gajah Laut - 404 terlihat KMN El Shadai 001 mengapung. Ketiga ABK terlihat memberikan isyarat dengan melambaikan life jacket dan meminta pertolongan kepada KN Gajah Laut - 404. 

Setelah didekati, diketahui bahwa KMN El Shadai 001 mengalami mati mesin selama dua hari satu malam di Perairan Makalei, dan hanyut sampai ke Perairan Selat Bangka. Selain itu, diinformasikan pula bahwa KMN El Shadai 001 telah mendapatkan rakit rumpon yang putus dan hanyut. Namun saat bergerak kembali ke Bitung, KMN tersebut mengalami mati mesin. 

Selanjutnya KN Gajah Laut - 404 melakukan evakuasi KMN El Shadai 001 beserta seluruh ABK, dan diantar ke Dermaga Pangkalan Armada Kamla Zona Maritim Tengah di Serei.  

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama